visitaaponce.com

Duta Masyarakat Adat Batak SebutTernyata Papua Lebih Damai

DUTA-duta Masyarakat Adat Suku Batak dari Provinsi Sumatera Utara sangat berkesan saat menginjakan kaki di Kabupaten Jayapura, Papua, sebagai peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI 24-30 oktober 2022.

Isu-isu dan pemberitaan di media masa soal situasi konflik di Papua tidak seperti yang mereka bayangkan dan ternyata Papua lebih Aman damai tidak seperti yang dibaca dan disimak dari media-media mainstream.

“Memang kalau mendengar Papua, kalau kita melihat media mainstream digambarkan papua ada konflik bersenjata ‘ternyata tidak ada ‘setiba di bandara Jayapura informasi tersebut tidak benar justru damai,“ ungkap Roganda Simanjuntak Ketua Badan Pengurus Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara AMAN wilayah Tanah Batak. pada Sabtu, (22/10).

Baca juga : Gema Adat di Tanah Tabi, Sang Profesor Sarankan Masuk Rekor MURI

Kesan tersebut diutarakan Roganda Simanjuntak Ketua Badan Pengurus Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara AMAN wilayah Tanah Batak.

Mereka menepis anggapan sebagian besar orang di luar Papua yang melihat Papua dan menganggap Papua sebagai wilayah konflik bersenjata, ternyata kondisinya tidak seperti itu bahwa Papua Damai dan masyarakat Papua cukup ramah dalam menyambut mereka saat tiba

“Kita bersyukur bisa tiba dengan selamat di tanah adat tabi dengan selamat , selain perjalanan cukup panjang kalau mendengar papua kami cukup cemas, tapi saat tiba tidak seperti itu,“ tuturnya.

Baca juga : Pembukaan KMAN VI di Tanah Tabi akan Diisi Pawai Budaya dan Ritual Penyerahan Tanah

Roganda Simanjuntak menambahkan bahwa jumlah kontingen dari  duta masyarakat Adat Batak Sumatera Utara sebanyak 76 orang,

Pihaknya berharap ada keputusan-keputusan terbaik untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat adat Batak yang selama ini di suarakan.

Sementara itu Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura Sihar L Tobing, SH mengakui sejak awal pihak KMB kabupaten Jayapura sudah melakukan persiapan-persiapan dalam menyambut perserta KMAN VI daru sumatera utara sejak bulan juli lalu.

“Kami sudah melakukan persiapan sejak lama  untuk melakukan penyambutan peserta dari sumut , sesuai arahan Bupati bahwa setiap Paguyuban harus terlibat aktif minimal menjemput dan memberikan arahan singkat,“ ujar Sihar Tobing .

Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari Partai Golongan Karya ini juga menegaskan bahwa KMB siap membantu panitia dan pemerintah Kabupaten Jayapura serta duta-duta Masyarakat Adat dari batak Sumatera Utara bagaimana memperlancar suksesnya KMAN VI di tanah Tabi. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat