visitaaponce.com

Bio Farma Targetkan Vaksin IndoVac Diekspor ke 3 Negara Afrika

Bio Farma Targetkan Vaksin IndoVac Diekspor ke 3 Negara Afrika
Petugas menunjukkan vaksin IndoVac di kantor Bio Farma, Bandung.(Antara)

PT Bio Farma (Persero) berencana untuk mengibahkan vaksin covid-19 IndoVac ke sejumlah negara di kawasan Afrika.

"Rencana ekspor masih bersifat hibah. Hal ini juga pernah dilakukan untuk vaksin polio yang dikirim ke Afrika," ungkap Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dalam media briefing, Rabu (26/10).

"Selama ini, Indonesia juga sering mendapatkan hibah vaksin dari banyak negara. Sekarang saatnya memberikan vaksin kepada negara lain," imbuhnya.

Baca juga: Pemerintah Datangkan 5 Juta Vaksin Pfizer untuk Atasi Kekosongan Stok

Menurut Honesti, Indonesia harus berpartisipasi sebagai bagian dari rantai pasok global untuk vaksin covid-19. "Kita dibantu Kementerian Luar Negeri RI untuk komunikasi dengan negara tersebut," kata dia.

Nigeria menjadi salah satu negara target ekspor Bio Farma. Setidaknya, ada dua jenis vaksin yang akan dikirim, yakni Pentabio dan Indovac.

Baca juga: Diminta Presiden Terus Berinovasi, Bio Farma Kembangkan Vaksin Indovac untuk Anak

Lalu, 2 negara Afrika lainnya masih dalam tahap diskusi. Honesti mengungkapkan ada negara Afrika yang sudah berkunjung ke Bio Farma, yaitu Mozambik dan Zimbabwe.

"Kita akan mulai ekspor ke negara Afrika, karena vaksinasi di sana masih sangat rendah. Ini masalah aksesibilitas juga, karena infrastruktur belum bagus. Kita lihat vaksin kita sangat layak, karena suhu penyimpanan yang cocok," tandasnya.(OL-11)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat