visitaaponce.com

Kelas Gizi Binaan Rumah Zakat Berhasil Turunkan Angka Stunting di Desa

Kelas Gizi Binaan Rumah Zakat Berhasil Turunkan Angka Stunting di Desa
Kelas Gizi Binaan Rumah zakat(Dok. Rumah Zakat)

RUMAH Zakat turut serta dalam upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia melalui program Desa Bebas Stunting dengan membuka Kelas Gizi bagi keluarga dengan risiko stunting di Desa Berdaya Lebakwangi, Kabupaten Tangerang, Banten. 

Bentuk kegiatan berupa edukasi, pelatihan dan juga pendampingan yang diberikan oleh Tim Ahli Kesehatan dari Puskesmas Kedaung Barat.

Pilot project dilakukan di Posyandu Kamboja 4A, Kampung Bayur, Desa Lebakwangi, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang. 10 keluarga dengan risiko stunting mendapatkan layanan dari Kelas Gizi. Aktivitas kelas dilakukan setiap pekan, namun pendampingan untuk keluarga dengan risiko stunting dengan pemberian gizi intensif diberikan setiap hari yang diantarkan langsung ke rumah-rumah oleh kader bebas stunting.

Baca juga : Psikolog: Kerumunan Massa Munculkan Dampak Psikologis

Selama 6 bulan program berjalan, sebanyak 90% anak mengalami perbaikan status gizi anak. Upaya ini diapresiasi oleh beberapa pihak termasuk pihak desa, karena telah membantu dalam capaian SDGs Desa ke-2 terkait "Desa Tanpa Kelaparan".

“Terimakasih Rumah Zakat atas support untuk kegiatan kelas gizi stunting di tempat kami, saya liat anak- anak tampak senang dan ibu-ibu lebih aware dengan kondisi anaknya dan tentunya status gizi mereka semakin lebih baik,“ Lia Zubaedah, ketua kader posyandu Desa Lebakwangi.

Rumah Zakat dengan program Desa Bebas Stunting terus berinovasi dan berkontribusi dalam upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia, hingga angka sunting mencapai 14% pada 2024. (RO/OL-7) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat