visitaaponce.com

Tiga Permainan Orangtua Bersama Anak tanpa Gawai

Tiga Permainan Orangtua Bersama Anak tanpa Gawai
Seorang anak bermain gelembung sabun.(MI/Panca Syurkani.)

ADA beberapa ide permainan yang dapat orangtua lakukan bersama anak tanpa harus menggunakan gawai. Salah satunya memecahkan gelembung.

Psikolog klinis anak dan remaja Adisti Fathimah Soegoto M.Psi, Psikolog, BFRP mengatakan saat melakukan permainan itu, orangtua dapat meniup gelembung busa (bubble) dan meminta anak untuk memecahkannya dengan anggota tubuh tertentu. Menurut dia, dari permainan yang sederhana ini, anak belajar mengenai mengikuti aturan. 

Ide kedua yakni bermain masak-masakan. Orangtua dapat mengajak anak melakukan kegiatan memasak dalam lingkungan yang aman dengan main masak-masakan bersama. 

Terakhir, bisa juga dengan bermain peran karena anak-anak usia empat hingga lima tahun biasanya suka sekali bermain peran. Berbagai peran yang dapat dimainkan sebagai dokter, polisi, pemadam kebakaran, kasir di supermarket, dan sebagainya.

"Ajak anak untuk menentukan tema yang akan dimainkan kali ini. Ini dapt menambah imajinasi anak saat bermain," kata Adisti.

Dia mengakui, tidak dapat dipungkiri, orang-orang termasuk orangtua dan anak memerlukan gawai untuk menunjang keseharian. Menurutnya, jika digunakan secara bijak, gawai memang dapat memberi manfaat bagi anak. 

Anak-anak dapat menggunakan gawai untuk berbagai keperluan, seperti belajar, mencari informasi, bermain gim, menonton film
atau tayangan edukasi, berkomunikasi, menggunakan sosial media, dan mendengarkan musik. Namun, dia mengingatkan, orangtua perlu mewaspadai jangan sampai gawai memberikan pengaruh buruk bagi perkembangan buah hati. 

"Dampingi anak saat menggunakannya. Konsisten menerapkan aturan penggunaannya, baik dari segi durasi maupun aktivitas yang dilakukan anak," tutur dia. (Ant/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat