visitaaponce.com

Mukjizat Nabi Ibrahim AS dan Kisahnya

Mukjizat Nabi Ibrahim AS dan Kisahnya
Kaligrafi Nabi Ibrahim AS(Dok NU Online)

NABI Ibrahim AS merupakan nabi keenam yang mendapat julukan sebagai bapak para nabi. Nabi Ibrahim lahir di Kota Ur pada masa jahiliyah atau masa di mana banyak patung dibuat untuk disembah.

Nabi Ibrahim AS dikenal karena melawan Raja Namrud yang menganggap dirinya sebagai Tuhan. Bentuk perlawanan Nabi Ibrahim dapat dilihat saat Ia mengahancurkan patung-patung berhala Raja Namrud. Ia pun dihukum Raja, yaitu dibakar hidup-hidup. Namun, ia tidak terbakar sama sekali.

Berikut mukjizat-mukjizat yang didapat Nabi Ibrahim AS:

1. Dapat Mengeluarkan Madu dari Jarinya

Selain mukjizat dalam hukum pembakaran hidup-hidup, Nabi Ibrahim AS juga melakukan mukjizat yaitu mengeluarkan madu dari jarinya. Saat Ia masih kecil, Ibunya sering meninggalkannya seorang diri di gua. Nabi Ibrahim AS pun mendapatkan mukjizat tersebut untuk bertahan hidup.

2. Menghidupkan Makhluk yang sudah Mati

Dalam Q.S Al-Baqarah diceritakan bahawa Allah memerintahkan Ibrahim untuk mencincang tubuh burung kemudian meletakkannya di atas bukit. Selanjutnya Beliau harus memanggilnya dan kejadian ajaib berlangsung. Makhluk tersebut hidup kembali sehingga dapat terbang menghampirinya.

3. Mengubah Pasir Menjadi Makanan

Saat Nabi Ibrahim AS berkunjung kepada Namrud untuk meminta makanan, Ia pun pulang ke rumah sambil membawa pasir dari Namrud. Pada esok harinya, kantong penuh pasir tersebut berubah menjadi bahan masakan seperti sayuran dan daging.

4. Keluar Susu dari Ibu Jarinya

Sama seperti poin pertama, susu juga keluar dari ibu jarinya saat Ia seorang diri di gua karena ditinggal sang Ibu.

5. Orang Pertama yang Membangun Ka’bah

Nabi Ibrahim AS adalah orang pertama yang membangun Ka’abah. Ia mendapatkan bimbingan langsung dari Allah SWT dengan desain yang menakjubkan.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat