visitaaponce.com

Rahasia Angka 7 dalam Al-Quran sebagai Mukjizat

Rahasia Angka 7 dalam Al-Quran sebagai Mukjizat
Sejumlah warga membaca Al-Qur'an secara bersama-sama di lapangan Sepak Bola Mini, Taman Manunggal, Kota Bogor, Jawa Barat.(Antara/Arif Firmansyah.)

BAGI muslim, angka 7 istimewa banget loh. Apalagi dalam Al-Qur'an banyak menyebut angka 7. Mau tahu rahasia angka 7 dalam Al-Qur'an?

Baca saja Al-Qur'an ada tertera 7 lapis langit, 7 malam, 7 sapi betina, 7 tangkai, dan sebagainya. Kerennya lagi, angka 7 itu disebut 28 kali dalam Al Quran. Kita pasti tahu 28 habis dibagi 7 kan?

Angka 7 di surat Al-Baqarah

Lebih keren lagi nih ya. Ayat yang ada angka 7 pertama dalam Al-Qur'an terdapat di surat Al-Baqarah ayat 29.

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيْعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَونَهُنَّ سَبْعَ سَمَوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ 

Baca juga: Malam Nisfu Syaban Baca Yasin Tiga Kali, Bolehkah dan Bagaimana Caranya?

Dialah (Allah) yang menciptakan segala yang ada di bumi untukmu. Kemudian Dia menuju langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

Angka 7 di surat An-Naba'

Lalu yang terakhir ada di An-Naba' 12.

وَبَنَيْنَا فَوْقَكُمْ سَبْعًا شِدَادًا

Dan kami membangun di atas kamu tujuh (langit) yang kokoh, 

Hubungan Al-Baqarah dengan An-Naba'

Nah jumlah surat yang ada di antara Al Baqarah sampai An Naba' itu ada 77 surat. Betul, 77 itu habis dibagi 7.

Baca juga: Urutan Surat Juz 30 dalam Alquran, Dibaca saat Salat

Lantas jumlah ayat yang berada di antara Al-Baqarah ayat 29 sampai An-Naba' ayat 12, itu ada 5.649 ayat. Benar lagi, 5.649 habis dibagi 7.

Lanjut? Oke kita lanjut ya. Terus mulai dari awal surah Al Baqarah hingga akhir An Naba' ada 5.705 ayat. Wah, 5.705 ternyata habis dibagi 7.

Lagi? Ayat yang menyebutkan kata 7 di akhir ialah dalam surat An-Naba' ayat 12. Nah, An-Naba punya 40 ayat. Jika 40 dikurangi 12 hasilnya menjadi 28. Wow, 28 habis dibagi 7.

Masyaallah, simetris banget dengan angka 7. Ini cuma salah satu kemukjizatan Al-Quran sebagaimana dilansir @quranreview di Instagram. Mungkin masih banyak rahasia angka 7 dalam Al-Qur'an. Coba ya kita cari lagi. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat