visitaaponce.com

Malam Nisfu Syaban Baca Yasin Tiga Kali, Bolehkah dan Bagaimana Caranya

Malam Nisfu Syaban Baca Yasin Tiga Kali, Bolehkah dan Bagaimana Caranya?
Sejumlah umat Islam membaca surat Yasin pada tradisi malam nisfu Sya'ban di salah satu masjid di Desa Pewunu, Kabupaten Sigi, Sulteng.(Antara/Basri Marzuki.)

SALAH satu amalan dalam malam nisfu Syaban yaitu membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Bagaimanakah hukum membaca surat Yasin di malam nisfu Syaban menurut ulama? 

Membaca surat Yasin sebanyak tiga kali pada malam nisfu Syaban dibahas Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas al-Maliki pada kitabnya Ma Dza fi Sya‘ban? cetakan pertama, 1424 H, halaman 119. Berikut penjelasannya menurut @nu.channel di Instagram.

لكن لا مانع أن يضيف الإنسان إلى عمله مع إخلاصه مطالبه وحاجاته الدينية والدنياوية، الحسية والمعنوية، الظاهرة والباطنة، ومن قرأ سورة يس أو غيرها من القرآن لله تعالى طالبا البركة في العمر، والبركة في المال، والبركة في الصحة فإنه لا حرج عليه، وقد سلك سبيل الخير (بسرط أن لا يعتقد مشروعية ذلك بخصوصه) فليقرأ يس ثلاثا، أو ثلاثين مرة، أو ثلاث مئة مرة، بل ليقرأ القرآن كله لله تعالى خالصا له مع طلب قضاء حوائجه وتحقيق مطالبه وتفريج همّه وكشف كربه، وشفاء مرضه وقضاء دينه، فما الحرج في ذلك...؟.. والله يحب من العبد أن يسأله كل شئ، حتى ملح الطعام وإصلاح شسع نعله

Menurut beliau, tak ada larangan bagi seseorang yang mengiringi amal salihnya dengan permintaan dan permohonan hajat agama dan dunia, jiwa dan raga, lahir dan batin. Siapa saja yang membaca surat Yasin atau surat lain dengan ikhlas lillahi taala sambil memohon keberkahan pada usia, harta, dan kesehatan, maka hal itu tak masalah. 

Baca juga: Karena Nisfu Syaban, Nabi Isa Ingin Menjadi Umat Nabi Muhammad

Artinya, lanjut beliau, orang ini telah menempuh jalan yang baik (dengan catatan ia tidak meyakini bahwa amal salihnya itu disyariatkan secara khusus untuk hajat tersebut). Silakan membaca surat Yasin 3 kali, 30 kali, 100 kali, atau mengkhatamkan 30 juz Al-Qur'an secara ikhlas lillahi taala diiringi dengan permohonan atas segala hajat, doa agar harapan terwujud, permintaan agar dibukakan dari kebimbangan, pengharapan agar dibebaskan dari kesulitan, permohonan kesembuhan dari penyakit, permintaan kepada Allah agar utang terbayar. "Lalu di mana masalahnya? Allah senang terhadap hamba-Nya yang bermunajat kepada-Nya atas pemenuhan hajat apapun termasuk hajat atas garam pelengkap masakan dan hajat atas tali sandal yang rusak," paparnya. 

Dilansir dari @ppalanwarsarang di Instagram, dianjurkan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali dalam malam nisfu Syaban dengan niat berikut:

1. Niat Yasin pertama agar dipanjangkan umur dalam ketaatan.
2. Niat Yasin kedua agar dilindungi dari marabahaya dan penyakit.
3. Niat Yasin ketiga agar terhindar dari meminta-minta. 

Baca juga: Malam ini Nisfu Sya'ban, Jalankan Tiga Amalan untuk Catatan Akhir Malaikat

Silakan dibaca surat Yasin sebanyak tiga kali pada malam nisfu Syaban bila mampu dan ada waktu luang. Ini hukumnya sunah. Semoga bermanfaat. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat