visitaaponce.com

Malam ini Nisfu Syaban, Jalankan Tiga Amalan untuk Catatan Akhir Malaikat

Malam ini Nisfu Sya'ban, Jalankan Tiga Amalan untuk Catatan Akhir Malaikat
Ilustrasi.(DOK MI.)

MALAM nisfu Sya'ban jatuh pada hari ini, Selasa (7/3) malam atau disebut juga malam Rabu. Malam ini bertepatan dengan 15 Sya'ban 1444 H. Apa saja yang terjadi pada malam nisfu Sya'ban dan amalan yang sebaiknya dikerjakan pada malam nisfu Sya'ban?

Nisfu Sya'ban ialah salah satu dari lima malam yang mustajab doa yang dipanjatkan para hamba. Ini berdasarkan satu hadis Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang dilansir @ppalanwar2sarang di Instagram.

عن أبي أمامة الباهلي قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: خمس ليال لا ترد فيهن الدعوة، أول ليلة من رجب، وليلة النصف من شعبان، وليلة الجمعة، وليلة الفطر، وليلة النحر.

Baca juga : Khutbah Jumat: Lima Hal yang Perlu Dilakukan pada Bulan Sya'ban

Nabi Shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya yakni malam pertama bulan Rajab, malam nishfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.

Peristiwa di malam nisfu Sya'ban

Sya'ban adalah bulan kedelapan dalam penanggalan Hijriyah. Keistimewaan bulan ini terletak pada pertengahannya yang biasa disebut sebagai nisfu Sya'ban. Secara harfiah, istilah nisfu Sya'ban berarti hari atau malam pertengahan Sya'ban atau tanggal 15 Sya'ban. 

Kaum Muslimin meyakini bahwa pada malam ini, dua malaikat pencatat amal menyerahkan catatan amal manusia kepada Allah SWT. Pada malam itu pula catatan-catatan amal yang digunakan setiap tahun diganti dengan yang baru.

Baca juga : Hari Ini Malam Nisfu Syaban, Bagaimana Asal Muasalnya?

Pada malam ke-15, umat Islam dapat memiliki banyak sekali kebaikan sebagai penutup catatan amalnya selama setahun. Karena pada malam ke-15 bulan Sya'ban inilah, catatan perbuatan manusia penghuni bumi akan dinaikkan ke hadapan Allah SWT.

Para ulama menyatakan bahwa nisfu Sya'ban juga dinamakan sebagai malam pengampunan atau malam maghfirah. Ini karena pada malam itu Allah SWT menurunkan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi. 

Memperbanyak doa malam nisfu Sya'ban 

Anjuran ini didasarkan pada hadis riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca juga : Lima Doa sebelum Mencoblos Surat Suara di TPS

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya, "(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya'ban. Allah SWT akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan). (HR AI Baihaqi)

Memperbanyak syahadat pada malam nisfu Sya'ban

Dua kalimat syahadat termasuk kalimat mulia. Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki mengatakan:

Baca juga : 50 Tema Isra Miraj yang Bisa Jadi Inspirasimu!

للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة وخصوصا وينبغي هر شعبان وليلة النصف منه بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة "لا إله إلا الله محمد رسول الله"

Artinya, "Seyogianya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat. La ilaha illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya'ban dan malam pertengahannya.

Memperbanyak Istighfar

Meminta ampunan (istighfar) sangat dianjurkan terlebih lagi di malam nisfu Sya'ban. Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki menjelaskan.

Baca juga : 3 Versi Doa Memakai Pakaian, Baik untuk Diamalkan Satiap Hari

الاستغفار من أعظم وأول ما ينبغي على المسلم الحريص أن يحتفل به في الأزمنة الفاصلة التي منها: شعبان وليلة النصف وهو من أسباب تيسير الرزق ودلت على فعله نصوص الكتاب وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم وفيه تكفير المذنوب وتفريج الكروب وإذهاب للهموم ودفع للقنوم

Artinya, "Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya'ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadits. Pada bulan Sya'ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan. (Z-2)

Baca juga : Masuk Bulan Rajab, Ini Doa yang Dilantunkan Rasulullah

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat