visitaaponce.com

Presiden Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed

Presiden Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed
Presiden Jokowi berfoto bersama denhan Presiden MBZ di depan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang baru saja diresmikan.(MI/Widjajadi)

PRESIDEN Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (14/11).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh kedua pemimpin negara itu.

Selepas penandatanganan, Jokowi dan MBZ berkeliling sambil meninjau arsitektur serta sarana dan prasarana di kawasan. Agenda kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon sala bersama di halaman Plaza Utara Masjid Raya Sheikh Zayed.

Kegiatan kemudian diakhiri dengan foto bersama Presiden Jokowi dan Presiden MBZ bersama para tamu dan delegasi kedua negara.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Adib mengatakan Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan miniatur dari Masjid Sheikh Zayed yang berada di Abu Dhabi, UEA.

Masjid tersebut dibangun di atas lahan seluas tiga hektare dengan kapasitas sekitar 10 ribu jemaah.

"Ini adalah hibah atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab untuk Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo," ucap Adib.

Ia juga mengatakan masjid tersebut nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang dibentuk pemerintah pusat melalui Kementerian Agama dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Agama.

Adib pun berharap tempat ibadah itu dapat memberi manfaat nyata bagi masyarakat sekitar.

"Mari kita bersama-sama memakmurkan masjid dan keberadaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Ini akan menjadi ikon baru di Solo khususnya, tidak hanya sebagai pusat syiar agama, tetapi juga menjadi pusat destinasi wisata religi baru di Solo khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya," tandas Adib. (Pra/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat