visitaaponce.com

Ini Pengertian Hingga Manfaat dari Demografi

Ini Pengertian Hingga Manfaat dari Demografi
Ilustrasi populasi penduduk(ANTARA FOTO/APrillio Akbar)

DEMOGRAFI merupakan ilmu tentang susunan, jumlah, dan perkembangan penduduk, ilmu yang memberikan uraian atau gambaran statistik mengenai suatu bangsa dilihat dari sudut sosial politik, atau ilmu kependudukan.

Kata tersebut merupakan gabungan dari bahasa Yunani yakni Demos yang berarti rakyat atau penduduk dan Graphein yakni tulisan atau catatan. Demografi mempelajari tentang penduduk, yang paling utama adalah tentang fertilitas atau kelahiran, mortalitas atau kematian dan mobilitas.

a. Pengertian Demografi menurut Para Ahli

  • Johan Sussmilch 

Johan Sussmilch berpendapat demografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari hukum ilahi atau hukum Tuhan, dalam perubahan-perubahan yang terjadi pada kehidupan manusia. Perubahan tersebut tampak dari kelahiran, kematian serta pertumbuhannya.

  • Achille Guillard 

Achille Guillard berpendapat demografi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu dari keadaan dan sikap manusia yang tidak dapat diukur. Hal tersebut meliputi perubahan secara umum, sifat fisik manusia, peradaban, intelektual serta kondisi moralnya.

  • George W.Barclay 

George W.Barclay berpendapat demografi merupakan ilmu yang memberikan gambaran menarik dari penduduk yang digambarkan secara statistika. Selain itu, demografi juga mempelajari mengenai tingkah laku keseluruhan, bukan hanya tingkah laku perorangan saja.

  • Phillip M. Hauser dan Dudley Duncan

Menurut Phillip M. Hauser dan Dudley Duncan, demografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jumlah, persebaran teritorial dan komposisi penduduk, serta mempelajari perubahan-perubahan dan sebab-sebab dari adanya perubahan tersebut.

  • David V. Glass 

David V. Glass berpendapat demografi merupakan ilmu yang secara umum sangat terbatas. Untuk mempelajari suatu penduduk yang dipengaruhi oleh proses demografis yaitu fertilitas, mortalitas dan juga migrasi.

  • Donald J. Boague 

Menurut Donald J. Boague, demografi merupakan ilmu yang mempelajari secara statistika dan matematika tentang besar, komposisi dan distribusi penduduk. Selain itu demografi juga mempelajari tentang terjadinya perubahan-perubahan pada manusia.

b. Faktor-faktor Demografi

1. Fertilitas atau natalitas (kelahiran)
2. Mortalitas atau kematian
3. Perpindahan atau migrasi
4. Jenis kelamin
5. Jumlah penduduk
6. Umur
7. Agama
8. Penghasilan
9. Pekerjaan

c. Manfaat Demografi

1. Membantu pihak pemerintah dalam mengevaluasi kinerja pembangunan dengan cara memperhatikan komposisi penduduk yang ada di masa lampau dan juga masa sekarang serta berbagai macam faktor yang mempengaruhinya.

2. Membantu pihak pemerintah dalam membuat perencanaan pembangunan di berbagai bidang. Baik itu bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, dan lainnya.

3. Memberikan informasi tentang tingkat perkembangan ekonomi yang ada di suatu wilayah atau negara dengan cara melihat dari jumlah masyarakat yang bekerja, jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia, dan lain sebagainya.

4. Memberikan informasi tentang tingkat kesejahteraan dan juga tingkat harapan hidup rata-rata penduduk yang ada di dalam suatu wilayah atau negara.

d. Contoh Demografi

• Usia – indikator yang baik dari kelompok pengguna yang mengunjungi halaman web, serta kelompok usia yang paling banyak membeli. Memberikan informasi tentang konten yang menarik bagi kelompok usia tertentu, dan di mana potensi dapat diidentifikasi.

• Gender – menunjukkan bagian mana dari situs web atau produk mana yang lebih cocok untuk pria atau wanita. Mengklasifikasikan kunjungan menurut gender dapat menjadi dasar untuk merencanakan kampanye yang menargetkan pria atau wanita.

• Pendidikan – menunjukkan, misalnya, apakah pengguna pernah kuliah.

• Pendapatan – memudahkan dalam menargetkan orang-orang berpenghasilan tinggi, misalnya, untuk membeli produk kelas atas.

• Minat – menunjukkan minat pengunjung halaman web dan memungkinkan untuk menarik kesimpulan tentang perilaku konsumen. Misalnya, jika ada ketertarikan untuk kategori produk tertentu di pihak pengguna, pemasar dapat membuat iklan yang berfokus pada minat ini.

• Bahasa – terutama berlaku untuk toko online yang berorientasi internasional. Misalnya, iklan dan konten harus diarahkan pada bahasa yang digunakan oleh kelompok sasaran.

• Negara – untuk menargetkan tindakan periklanan khusus untuk landmark geografis ini.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat