visitaaponce.com

Pimpinan Pusat Wanita Syarikat Islam 2022-2027 Resmi Dilantik

Pimpinan Pusat Wanita Syarikat Islam 2022-2027 Resmi Dilantik
Pengurus PP Wanita Syarikat Islam masa jihad 2022-2027, Sabtu (17/12), resmi dilantik.(DOK Pribadi.)

PENGURUS PP Wanita Syarikat Islam masa jihad 2022-2027, Sabtu (17/12), resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V MPR, Jakarta. 

Prof Dr Valina Singka Subekti, M.Si yang merupakan Ketua Umum PP Wanita Syarikat Islam dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagian besar pengurus PP Wanita Syarikat Islam masa jihad 2022-2027 didominasi oleh kaum milenial. Hal tersebut merupakan modal sosial bagi organisasi WSI untuk kaderisasi dan meneruskan estafet kepemimpinan organisasi yang telah berusia 104 tahun tersebut. "Sekitar 70% dari pengurus yang hari ini dilantik merupakan anak-anak muda berusia di bawah 40 tahun," ungkap Valina dalam keterangan tertulis, Minggu (18/12).

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia tersebut menjelaskan terkait pentingnya memperkuat ketahanan keluarga. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh adanya krisis multidimensi yang saat ini melanda Indonesia. Sebut saja, penurunan kualitas kehidupan ekonomi yang ditandai oleh penurunan daya beli masyarakat serta akses pada kesehatan dan pendidikan yang berdampak pada kualitas kesejahteraan ibu dan anak, krisis moralitas seperti meningkatnya kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak, maraknya perjudian, narkoba, seks bebas dan LGBT, serta penyimpangan lain.

"Indonesia juga menghadapi persoalan menurunnya kualitas demokrasi dan persoalan korupsi politik yang tinggi yang diperlihatkan oleh berbagai hasil survei. Beberapa masalah penting ini menjadi catatan WSI dan menjadi pokok pembahasan dalam Munas serta menghasilkan beberapa rekomendasi yang akan disampaikan kepada para pembuat kebijakan," jelas Valina.

Menyikapi permasalahan bangsa tersebut, Wanita Syarikat Islam, salah satu organisasi perempuan tertua di Indonesia yang hingga saat ini  eksis, berkomitmen untuk senantiasa berkontribusi untuk ummat dan bangsa. "Kami juga menekankan pentingnya dakwah sosial, dakwah ekonomi, dan dakwah yang berperspektif gender untuk memperkuat kapasitas ummat. Kami juga ingin membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting yang masih tinggi, mendorong giatnya koperasi dan UMKM serta ekonomi kreatif dan lingkungan hidup," jelas Guru Besar Ilmu Politik UI tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebut, PP WSI juga mengadakan MoU dengan berbagai lembaga terkait. Lembaga tersebut seperti BKKBN untuk penurunan angka stunting. Selain itu, PP WSI juga akan mengadakan MoU dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Tenaga Kerja, PMN, serta lembaga-lembaga terkait lain.

Selain pelantikan serta penandatangan MoU dengan BKKBN, PP WSI juga menyelenggarakan acara Seminar Nasional yang bertemakan Peningkatan Peran Perempuan dalam Pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas. Narasumbernya ialah Ilham Saputra Ketua KPU periode 2021-2022 serta Ratna Dewi Petalolo sebagai anggota DKPP. Pelantikan PP WSI dihadiri oleh Ketua Umum LT Syarikat Islam Hamdan Zoelva, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antarlembaga Kementerian Koperasi dan UMKM Luhur Pradjarto, Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo, dan Direktur Advokasi dan Hubungan Antarlembaga BKKBN Wahidah. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat