visitaaponce.com

Alat Uji Kognitif Batique Bisa Tingkatkan Konsentrasi Anak

Alat Uji Kognitif Batique Bisa Tingkatkan Konsentrasi Anak
Ilustrasi(dok.ist)

ALAT uji kognitif anak berbasis gim pertama di Indonesia yang telah melewati tahapan validasi oleh Unit Psikometrika Universitas Gadjah Mada (UGM), Batique, bakal jadi instrumen pengujian kesiapan masuk SD bagi anak didik i-Smart Bimbel.

Adapun i-Smart Bimbel ini karya anak bangsa yang berasal kota Rambang, Sumatera Selatan.

i-Smart Bimbel merupakan lembaga bimbingan belajar (bimbel) bagi siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD) yang bertujuan membekali anak dengan kompetensi utama yang dibutuhkan bagi masa depan.

Kompetensi yang dimaksud mencakup kemampuan berbahasa, menguasai teknologi, menghasilkan karya kreatif, serta menyelesaikan masalah dan logika matematika.

Kerja sama dijalin berlandaskan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia No. 1 tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah atas, dan sekolah menengah kejuruan.

Pemilik iSmart Rambang, Natali mengatakan bahwa mereka masih berusaha menerapkan strategi belajar yang diperoleh dari Batique. Ia menjelaskan beberapa contoh di lapangan dari penerapan strategi yang digunakan.

Misalnya, kata Natali, Batique akan menawarkan dikte, listening, hingga menyanyikan lagu Bersama, bagi anak audiotory.

“Metode belajar lainnya yang dapat digunakan anak berupa visual, yakni dengan gambar-gambar seperti flashcard, dan menonton video edukasi. Ada juga pemberian latihan terus menerus untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak,” tutur Natali, dalam siaran pers yang diterima.

Natali juga membeberkan adanya Batique sanggup membantu untuk mengidentifikasi bakat anak.

Tak hanya itu, lanjut Natali, Batique menggandeng Agate, sebuah aplikasi yang bisa memberikan report kepada pengajar atau orangtua untuk mengetahui kekuatan kognitif anak. Sehingga dapat membantu menemukan strategi belajar bagi anak.

“Tidak hanya memberikan informasi mengenai potensi anak, Batique juga memberikan rekomendasi untuk pengembangannya. Batique juga memberikan rekomendasi kepada pengajar/orangtua agar dapat berinteraksi lebih baik dengan si kecil," ujarnya.

“Bahkan memberikan rekomendasi game yang dapat dimainkan si kecil untuk mengasah  kemampuannya,” tambahnya. (OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat