visitaaponce.com

Ingin Tetap Fokus Saat Beraktivitas Ini 3 Tipnya

Ingin Tetap Fokus Saat Beraktivitas? Ini 3 Tipnya
Ilustrasi bekerja(medcom)

MENARUH perhatian lama pada sesuatu yang tidak kita senangi sangat tidak mudah. Seorang psikolog dan peneliti perilaku dan teknologi Gloria Mark mengatakan perhatian kita rata-rata hanya 47 detik di layar dan waktu tersebut juga bisa menyusut.

Mark yang telah mengamati pola pengalihan perhatian otak dan penumpukan stres serta kelelahan, menyarankan untuk meningkatkan fokus otak sehingga aktivitas dapat dilakukan lebih banyak. Nah, berikut beberapa cara meningkatkan fokus otak:

1. Mulai dengan Pekerjaan Mudah

Untuk menghindari melakukan satu tugas yang memakan waktu secara berurutan, pertimbangkan memulai aktivitas atau tugas dengan yang termudah.

Sebab, perhatian yang terus-menerus dalam waktu lama bisa melelahkan. Pada akhirnya membuat Anda kehilangan energi di kemudian hari.

Baca juga:  Sujud Ternyata Bantu Alirkan Darah Berisi Nutrisi ke Otak

Banyak orang lebih suka memulai hari dengan pekerjaan hafalan (tugas yang berulang dan tidak membutuhkan banyak energi otak) sebelum beralih ke pekerjaan yang lebih berat.

"Saya suka melakukan sesuatu yang mudah dan bermanfaat sebelum pertemuan atau rapat yang panjang, kemudian diisi kembali setelahnya dengan interaksi sosial, beberapa aktivitas hafalan atau jalan-jalan kecil," kata Mark.

2. Lakukan Tugas Tersulit di Waktu Fokus Tertinggi

Waktu fokus tertinggi dipengaruhi ritme sirkadian alami Anda. Kebanyakan fokus paling baik berada di pukul 11.00 atau mendekati pukul 16.00. Simpan aktivitas yang membutuhkan usaha dan kreativitas paling banyak pada waktu fokus Anda.

"Waktu puncak saya adalah sekitar pukul 11.00, jadi saya memulai hari beberapa jam sebelumnya dengan melihat dan membaca berita utama. Pada pukul 11.00, saya siap untuk melakukan lebih banyak pekerjaan kreatif, jadi saya merencanakan tugas terberat saya sekitar waktu itu," ungkap Mark.

3. Pertimbangkan Tugas dan Kaitannya dengan Emosi

Mengamati kaitan antara aktivitas dan emosional juga dapat membantu.

"Apakah melakukan sesuatu membuat saya merasa positif atau negatif? Penelitian saya menunjukkan orang paling bahagia ketika mereka melakukan hal-hal yang mudah," tutur Mark.

"Sayangnya, kita tidak bisa melakukan tugas positif sepanjang hari. Tetapi Anda dapat membatasi efek emosional negatif dari suatu aktivitas atau tugas yang Anda takuti dengan menentukan waktu pengerjaannya, misalnya tepat sebelum makan siang, saat Anda dapat beristirahat," lanjutnya.

Rancang hari Anda dengan tujuan mengakhirinya dengan emosi positif.(CNBC/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat