visitaaponce.com

Kumpulan Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan 2023

HARI Galungan merupakan hari saat umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta. Hari ini juga diperingati sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Pada tanggal 4 Januari 2023 mendatang, umat hindu akan menyambut Hari Raya Galungan. Kata “Galungan” berasal dari bahasa Jawa Kuna yang artinya menang atau bertarung. Galungan juga sama artinya dengan Dungulan, yang juga berarti menang.

Berdasarkan penanggalan Bali-Jawa (Javano-Balinese Calender) yakni pada hari Budha Kliwon Wuku Dungulan Umat Hindu di Indonesia merayakan Hari Raya Galungan dan sepuluh hari kemudian akan disusul dengan perayaan Kuningan.

Baca juga: 15 Ucapan Selamat Tahun Baru 2023 Singkat dalam Bahasa Inggris

Selain mengikuti rangkaian kegiatan Galungan, Umat Hindu juga bisa saling meberi ucapan Hari Raya Galungan.

Berikut ini adalah rangkuman ucapan Hari Raya Galungan dari berbagai sumber.

Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk di Sosial Media

1. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi umat Hindu yang merayakan."

2. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, Tahun Baru Saka 1944. Semoga ajaran Dharma selalu menjadi penuntun untuk meraih keharmonisan, kedamaian dan kesejahteraan dalam hidup."

3. "Selamat Hari Raya Galungan dan Hari Raya Kuningan bagi saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang merayakan."

4. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa memberikan rahmat dan anugerahnya kepada seluruh umat."

5. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kebahagiaan dan kedamaian datang dari segala penjuru, serta kita semua menemukan keberkahan."

6. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk umat Hindu. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan ring sajeroning umat."

7. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Mari kita menyambut hari kemenangan Dharma atas Adharma dengan hati yang suci, pikiran yang bersih, dan perbuatan yang baik."

8. "Selamat Hari Suci Galungan. Semoga kita bisa menemukan kerahayuan atas berkat Ida Sang Hyang Widhi Wasa."

9. "Kepada seluruh umat Hindu di manapun berada, selamat Hari Raya Galungan. Kita #JagaBudayaNusantara dan #JagaNKRI, karena kita yakin akan kemenangan Dharma."

10. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 1944 Caka/2022 M. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicening kerahayuan."

11. "Selamat merayakan rangkaian Hari Suci Galungan dan Kuningan bagi teman-teman umat Hindu. Semoga membawa keberkahan dan kebahagiaan."

12. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan pada kita semua."

13. "Untuk teman-teman yang beragama Hindu. Selamat memperingati Hari Suci Galungan. Di hari yang penuh Dharma ini, mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat agar bumi jauh dari mara bencana."

14. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga makna kemenangan Dharma atas Adharma dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari."

15. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk para sahabatku umat Hindu Bali. Rahayu."

16. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 1944 Saka. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keberkahan dan kerahayuan."

Baca juga: Ini Daftar Hari Raya Hindu di Kalender Januari Bali

Ucapan Hari Raya Galungan dan Galungan

Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan Bahasa Bali

1. Rahajeng nyanggra rahina jagat Galungan lan Kuningan semeton titiang semuanya.
Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicenin kerahayuan.

(Selamat menyambut hari raya alam semesta Galungan dan Kuningan kerabat saya semuanya. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan)

2. Marep ring semeton Bali (Hindu) sami sane magenah ring Indonesia yadiapin di luar negeri.
Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan.
Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa micayang kerahayuan.

(Kepada kerabat Bali (Hindu) semua yang tinggal di Indonesia dan juga di luar negeri. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan)

3. Ngelawar bangkung di Ceningan, Rahajeng Galungan lan Kuningan.
Baju baru lengan dawa, semoga setata sehat lan bagia.
Banten saeban di pura, nenten wenten malih sinampure.

(Ngelawar babi di Ceningan. Selamat Galungan dan Kuningan. Baju baru lengan panjang, semoga tetap sehat dan bahagia. Banten saeban di pura, tidak ada lagi permohonan maaf)

4. Majeng ring semeton umat Se-Dharma maka sareng sami.
Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan.
Dumogi sangkaning paswecan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, iraga prasida nemoning kerahayuan.

(Kepada para kerabat Se-Dharma semuanya. Selamat haru raya Galungan dan Kuningan. Semoga dari keberkatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kita bisa menemukan kerahayuan)

5. Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan.
Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicen kerahajengan lan kerahayuan ring iraga sareng sami.

(Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keberkahan dan kerahayuan)

6. Numbas pajeng ring Kedonganan, memargi nyambi numbas ajengan.
Rahajeng Galungan lan Kuningan, dumogi iraga sareng sami nemu kerahajengan.

(Membeli payung di Kedonganan, berjalan sambil membeli makanan. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga kita semua menemukan keberkahan)

7. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, majengring ida dane sareng sami, pamekasnyane umat sedharman ring dija ja magenah.

(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, kepada kita semua khususnya umat Hindu dimanapun berada)"

8. Lugrayang tiang nguncarang rahajeng nyanggra Galungan sane mangkin.
Lan mangda karya iraga setata memargi becik.

(Ijinkan saya mengucapkan selamat menyambut Galungan saat ini. Dan semoga upacara kita selalu berjalan dengan baik)

9. Rahajeng nyanggra rahine Galungan lan Kuningan.
Di hari yang dharma ini mari kita selalu menyebarkan kedharmaan kepada semua umat agar bumi ini menjadi ringan supaya jauh dari mara bencana.

(Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Di hari yang baik ini mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat agar bumi ini menjadi ringan supaya jauh dari mara bencana)

10. Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa suaeca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami.

(Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan rahmat nugerah kepada kita semua)

11. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring jagat sami.

(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga TuhanYangMaha Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini)

12. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring sekancan sane maurip

(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua mahluk hidup)

13. Rahajeng Rahina Galungan dan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa mapaica kerahayuan lan kerahajengan sareng sami

(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua).

Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan Bahasa Indonesia

 

  1. Rahajeng rahina Galungan Ian Kuningan, majengring ida dane sareng sami, pamekasnyane umat sedharman ring dija ja magenah.
  2. Rahajeng Galungan, dumogi rahayu sareng sami.
  3. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa micayang kerahayuan.
  4. Rahajeng rahina Galungan Ian Kuningan, ring rahina becik puniki.
  5. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi antuk asung kerta wara nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, napi sane kekaryanin ida dane sareng sami state becil lan memargi antar.
  6. Om Swastiastu Om Ano Bhadrah Krattawoyantu Wistawah. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi sareng sami manggih kerayahyuan. Om Santih Santih Santih Om...
  7. Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa Asung Kertha Wara Nugraha kepada kita sekalian dalam pengabdian kita sesuai dengan swadharma masing-masing.
  8. Selamat Hari Raya Galungan, semoga kebahagiaan dan kedamaian datang dari segala penjuru, serta kita semua menemukan keberkahan.
  9. Selamat merayakan Hari Suci Galungan, semoga kemenangan Dharma atas Adharma dapat diwujudkan dalam hidup dan keseharian kita.
  10. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan khususnya umat Hindu di mana pun berada.
  11. Kehidupan ini penuh dengan seribu kebahagiaan. Namun, untuk mencapainya diperlukan seribu pengorbanan. Teruslah bekerja di jalan Dharma. Selamat merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan!
  12. Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk umat Hindu Indonesia yang merayakan. Saatnya kebaikan mengalahkan keburukan dan memberikan kedamaian untuk kita semua.
  13. Orang luar biasa selalu sederhana dalam bicaranya, tetapi hebat dalam tindakannya. Selamat merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan!
  14. Selamat Hari Suci Galungan, Semoga Tuhan dan para leluhur memberikan anugerah kepada kita semua.
  15. Selamat merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan. Semoga ajaran Dharma selalu menjadi penuntun kita untuk meraih keharmonisan, kedamaian, dan kesejahteraan dalam hidup di dunia ini.
  16. Selamat Hari Galungan dan Kuningan, semoga sembah bakti kita dapat memberikan kesejahteraan dan keselamatan untuk diri sendiri beserta alam semesta.
  17. Selamat Hari Raya Galungan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan keselamatan dan kesejahteraan alam semesta. Mari sambut Hari Suci Galungan dan Hari Kuningan dengan mengendalikan hawa nafsu yang mengganggu ketentraman batin.
  18. Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Wishi Wasa memberikan kesejahteraan sera kemakmuran.
  19. Saya ucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan sahabat dan saudaraku yang merayakan! Semoga kita semua selalu diberkahi anugerah dan kesejahteraan.
  20. Selama kita hidup selalu melakukan perbuatan baik, maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan.


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat