visitaaponce.com

Pentingnya Family Time, Ide Melakukannya Bersama Keluarga

Pentingnya Family Time, Ide Melakukannya Bersama Keluarga
Ilustrasi.(AFP/Joe Klamar.)

WAKTU untuk keluarga atau family time merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat menghabiskan waktu bersama anggota keluarga untuk bersantai, bermain, bersantai, hingga saling memahami satu sama lain. 

Setiap anggota keluarga mungkin memiliki kesibukannya masing-masing. Orangtua yang sibuk bekerja seminggu penuh, anak-anak pun memiliki kegiatan belajar dan kegiatan tambahan lain di sekolah. Meskipun begitu, waktu yang sedikit pun sangat berharga agar hubungan keluarga tetap erat dan hangat.

Manfaat family time bagi anak dan orangtua

1. Mempererat ikatan keluarga.
2. Meningkatkan performa di kantor dan sekolah.
3. Menciptakan memori indah.
4. Mencegah anak dari pergaulan yang salah.
5. Mengasah kemampuan komunikasi.
6. Meningkatkan kesehatan mental.
7. Menyehatkan fisik.

Ide untuk menikmati family time

1. Buatlah kegiatan indoor seperti board game di malam keluarga. Anda juga dapat menyalakan api unggun untuk mendukung suasana di malam tersebut.

2. Memasak bersama dapat menciptakan ikatan dan kebahagiaan orangtua dan anak. 

3. Kegiatan membersihkan rumah mungkin melelahkan untuk dilakukan, tetapi kegiatan ini juga dapat menjadi menyenangkan jika dilakukan secara bersama-sama.

4. Membuat proyek kreatif mini untuk mengisi liburan akhir pekan dapat menjadi salah satu contohnya. Orangtua dan anak dapat memilih jabatan untuk bermain role play agar kegiatan tersebut menjadi lebih menarik lagi.

5. Sebelum tidur atau saat makan bersama, anak dapat membagikan ceritanya di hari tersebut. Selain itu orangtua dapat menceritakan hal-hal menarik dan ringan yang dapat diterima anak agar anak tidak bosan.

6. Mengisi family time dengan makan-makan merupakan salah satu ide menarik untuk dicoba. Ritual sarapan atau makan malam bersama yang dihadiri seluruh anggota keluarga juga dapat menjadi saat tepat untuk berbagi cerita, bertanya kabar, atau mencoba resep baru. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat