visitaaponce.com

Total 10 Anak Keracunan Chiki Ngebul, Kasus Terbaru dari Ponorogo

Total 10 Anak Keracunan Chiki Ngebul, Kasus Terbaru dari Ponorogo
Potret sejumlah anak menikmati wahana bermain.(Antara)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus keracunan chiki ngebul atau penggunaan nitrogen cair pada makanan sebanyak 10 kasus dari beberapa daerah.

"Ada 10 kasus dengan keracunan pangan," ujar Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes Anas Ma'ruf dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/1).

Berdasarkan data yang dihimpun, mayoritas kasus yang terjadi sampai saat ini merupakan anak-anak. Pada Juli 2022, muncul 1 kasus anak yang mengalami sakit setelah mengonsumsi ice smoke atau chiki ngebul di Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. 

Baca juga: Pedagang tidak Boleh Sembarangan Jual Makanan dengan Nitrogen Cair

Kemudian, pada 19 November 2022, Puskesmas Leuwisari di Kabupaten Tasikmalaya melaporkan kasus keracunan pangan dengan 23 orang. Satu kasus dirujuk ke rumah sakit, 7 orang mengalami gejala dan sisanya tidak mengalami gejala. Pada 21 Desember 2022, RS Haji Jakarta melaporkan pasien berusia 4,2 tahun dengan keluhan luka nyeri.

"Hari ini masuk satu laporan baru dari Jawa Timur. Ada kemungkinan anak keracunan dari chiki ngebul. Sedang dilakukan Penjaringan Epidemiologi (PE), kita juga melakukan pemantauan dari rumah sakit dan puskesmas," jelas Anas.

Baca juga: Ini Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Anas menyebut kasus perdana keracunan dari nitrogen cair terjadi pada 2022. Sementara, pada tahun sebelumnya tidak ada laporan kasus. Kemenkes juga sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor: KL.02.02/C/90/2023, di mana perlu adanya peningkatan kewaspadaan penggunaan nitrogen cair pada pangan siap saji untuk mencegah keracunan.

Dinas kesehatan, puskesmas dan BTKLPP setempat perlu memberikan pembinaan, pengawasan hingga edukasi kepada pelaku usaha, sekolah, anak, dan masyarakat terkait bahaya penggunaan nitrogen cair terhadap pangan siap saji. Kemenkes juga tidak merekomendasikan nitrogen cair pada makanan siap saji.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat