visitaaponce.com

Pemerintah Galakkan lagi Program Posyandu Aktif di April 2023

Pemerintah Galakkan lagi Program Posyandu Aktif di April 2023
Petugas mengukur lingkar kepala balita di Posyandu Banjar Gelogor Carik, Denpasar, Bali, Rabu (18/1).(Antara)

DIRJEN Kesehatan Masyarakat kemenkes Maria Endang Sumiwi mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menggerakkan kembali masyarakat agar mengecek kondisi bayi di posyandu melalui Program Posyandu Aktif yang dirilis pada April 2023. Hal tersebut untuk menurunkan angka prevalensi stunting, sehingga anak bisa terpantau setiap pertumbuhannya.

"Pertama kita mau buat Posyandu Aktif pada April 2023 jadi kemaren juga kan udah bikin beberapa gerakan seperti Gerakan Aksi Bergizi, Gerakan Bumil Sehat, dan Gerakan Protein Hewani Cegah Stunting," kata Endang dalam konferensi pers Survei Status Gizi (SSGI) 2022 di Kantor Kemenkes, Jakarta Selatan, Jumat (27/1).

Gerakan Posyandu Aktif tersebut akan dibentuk karena pada saat pandemi masyarakat tidak boleh berkumpul dan posyandu banyak yang tidak buka alhasil tingkat kepesertaan dalam layanan posyandu turun sampai 20 persen.

"Kami memang dari sisi penguatan layanan primer sedang mendesain tentang kader harus bagaimana ini masih dalam pembicaraan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," ujarnya.

"Kami ingin sebetulnya adalah posyandu buka setiap bulan dan anak-anaknya aktif datang kalau sekarang udah bisa tidak usah nunggu April lagi," tambahnya.

Posyandu menjadi kepanjangan tangan dari Kementerian Kesehatan yang memiliki kader di tengah-tengah masyarakat. Posyandu sendiri memiliki peran yang penting untuk menurunkan prevalensi stunting di Indonesia.

Diketahui angka stunting 2022 menurun 2,8% dibandingkan 2021 hal ini berdasarkan survei SSGI 2022 dengan jumlah sampel yang dilakukan pada bayi sebanyak 334.848 bayi dan balita. Dari angka 24,4% menjadi 21,6%, kemudian pada tahun ini ditargetkan menurun hingga 17,8%, dan 2024 mencapai 14%. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat