visitaaponce.com

Menu Khusus Mixology Kopi untuk HUT Media Indonesia

PARA peserta Festival Kopi Nusantara (FKN) 2023 yang diselenggarakan Media Indonesia turut unjuk kebolehan menyajikan kopi andalan mereka. Salah satu yang menarik ialah kopi racikan Andreas Sulistyo dari Siki Coffee (Bandung).

Berdiri sejak 2016, Siki Coffee mengusung sistem udara panas roasting (hot air roasting) dalam penyajiannya.

Saat acara demo mixology kopi pada FKN 2023, Andreas membuatkan menu khusus HUT ke-53 Media Indonesia. Kopi tersebut diberi nama Tolak Angin Shower.

“Pertama saya bawakan di panggung HUT Media Indo-nesia. Kalau mau dicoba di rumah, gampang buatnya,” ujar Andreas di kompleks Media Group Network, Jakarta, kemarin.

Kopi Tolak Angin Shower berbahan dasar kopi robusta dari Papandayan, Jawa Barat. Bahan lain di antara­ nya likuid dicampur sedap malam yang di-infuse selama 8 jam, likuid kecombrang untuk gula aren, putih telur, dan smoke cinnamon kayu manis.

“Likuidnya spesial saya buat secara mendadak. Prosesnya juga saya buat langsung di atas panggung,” jelasnya. “Yang pasti, mixing untuk mixology, bahan yang diutamakan adalah kopi. Jadi, cita rasa kopi jangan sampai hilang.”

Cara penyajiannya, cinnamon ditumbuk terlebih dahulu. Lalu, masukkan likuid. Selanjutnya, Andreas membuat hard dry shake, hard shake, lalu smoke cinnamon. Ia juga menambahkan, pemanis edible flower yang memberikan penampakan cantik layaknya cocktail.

“Itu (edible flower) untuk pemanis karena kopi sudah hitam, jadi mixing untuk campuran garnish-nya ber-warna,” kata Andreas.

Untuk rasanya, ia menjelaskan kopi tersebut memiliki paduan rasa buah, karamel, dan mint.

Yani dari Media Indonesia berkesempatan mencicipi kopi yang hanya dibuat satu cangkir tersebut. “Kopinya masih terasa, tapi ada rasa oranye, terus terasa efek mint. Apakah bisa mengobati masuk angin?” ungkapnya seraya bertanya kepada An-reas. “Sangat bisa karena ada herbalnya,” timpal An-dreas. (OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat