visitaaponce.com

Kesehatan Tubuh Manusia Ditentukan dari Kesehatan Mulutnya

Kesehatan Tubuh Manusia Ditentukan dari Kesehatan Mulutnya
Petugas memeriksa waria saat pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut di Yayasan Keluarga Besar Waria Yogyakarta (Kebaya), Gowongan Lor, DIY.(dok.ant)

PAMEO mulutmu adalah harimau mu berlaku juga bagi kesehatan tubuh anda. Ini yang disampaikan Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Dr. drg. Irna Sufiawati.,SpPM., bahwa pengetahuan mengenai penyakit mulut sangat penting dipahami, karena dapat memprediksi penyakit infeksius dalam manusia.

Penyakit infeksius merupakan penyakit karena mikroorganisme patogen atau induk racunnya terjadi melalui penularan dari orang, hewan bahkan benda mati yang terinfeksi atau terkontaminasi ke tubuh yang rentan.

Prof. Irna mengatakan, ada tiga penyebab penyakit infeksius dilihat dari segi epidemologi, yaitu agent, host, dan lingkungan yang menghasilkan suatu penyakit. Salah satu proses transmisi dari penyebaaran infeksi ialah melalui droplet yang dapat masuk ke tubuh lewat kulit, mata, dan juga mulut.

“Jadi kalau kita lihat mulut itu kok kayak kecil, penyakitnya apa saja? Paling sariawan. Padahal sebetulnya kalau dilihat dari anatomi mulut itu juga kompleks sekali. Dan lebih dari 100 penyakit bisa terjadi ada di dalam mulut yang kecil ini,” kata Prof. Irna seperti dikutip laman Unpad, Jumat (10/2).

Kesehatan mulut sendiri berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Ketika tubuh sedang sakit, maka akan terlihat juga pada area mulut. Salah satu ciri kelainan mulut adalah sariawan yang mungkin saja manisfestasi dari kelainan sistemik. Karena itu, bila terjadi kelainan dalam kesehatan mulut juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Penyakit-penyakit yang dapat memengaruhi kesehatan mulut itu di antaranya penyakit saluran pernafasan, penyakit saluran pencernaan, diabetes, hingga penyakit infeksius.

Lebih lanjut Prof. Irna menjelaskan mengenai riset yang sudah dilakukannya. Pada 2018 Prof. Irna melakukan penelitian mengenai penyebab penyakit mulut di Jawa Barat. Hasilnya 47.46% disebabkan oleh infeksi. Oleh karenn itu, mengenali penyakit mulut terkait dengan penyakit infeksius sangat penting dilakukan.

“Dengan mengenali prenyakit mulut ini, kita dapat mendeteksi dini suatu penyakit, mempredikitsi keparahan penyakit, manifestasi sekunder dari terapi obat, dan pertimbangan tatalaksana dental yang akan diberikan kepada pasien,” tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Menkes Tegaskan Vaksinasi Booster Kedua untuk Masyarakat Gratis

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat