visitaaponce.com

Individu Berkebutuhan Khusus Perlu Penanganan Tersendiri untuk Periksa Gigi

Individu Berkebutuhan Khusus Perlu Penanganan Tersendiri untuk Periksa Gigi
Seorang anak berkebutuhan khusus sedang diperiksa dokter gigi di Special Needs Dental Care Center, RSGM Yarsi.(Ist)

MEMBAWA individu atau anak berkebutuhan khusus seperti autisme, down syndrome, ADHD, developmental delay, cerebral palsy, dan lainnya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi merupakan suatu tantangan tersendiri.

‘Dokter gigi’ memang erat kaitannya dengan rasa cemas saat mendengar suara peralatan yang digunakan oleh dokter dan rasa sakit saat gigi dibersihkan.

Hal-hal tersebut membuat individu dengan special needs enggan untuk melakukan perawatan gigi.

Baca juga : Klinik Ini Bantu Perawatan Gigi Anak Berkebutuhan Khusus

"Tetapi harus kita sadari, bila terdapat gigi yang berlubang sampai menyebabkan pembengkakan dan gangguan saat mengunyah, maka nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat berkurang atau timbul rasa sakit hingga jadwal terapi dan sekolah menjadi terganggu,"  drg. Liana Zulfa, Sp.Perio, MARS, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Yarsi dalam keterangan pers, Sabtu (19/3).

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, RSGM Yarsi meresmikan Special Needs Dental Care Center. Layanan terpadu pelayanan medis di bidang gigi & mulut untuk individu dengan disabilitas di segala usia. 

“Kami ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk individu dengan special needs. RSGM YARSI merupakan rumah sakit gigi & mulut yang peduli terhadap kesehatan gigi individu dengan special needs di semua usia," jelas drg,Liana,

Baca juga : Kapan Datang ke Dokter Gigi di Rumah Sakit yang Aman Saat Pandemi Covid-19?

"Dengan alasan tersebut kami mengembangkan layanan Special Needs Dental Care Center ini,” tambah drg.Liana.

Special Needs Dental Care Center didukung para tenaga medis yang kompeten dari berbagai spesialistik kedokteran gigi, metode perawatan dengan painless dental care dan fasilitas pendukung seperti  ruang perawatan gigi dan mulut yang nyaman, calm area, toilet khusus penyandang disabiltas, wheel chair, dan lain – lain.

Calm area merupakan ruang tunggu khusus dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang dirancang untuk pasien berkebutuhan khusus,"  ujar drg. Mia Mariani, MARS, Manajer Marketing RSGM Yaras.

Baca juga : Didukung ICD dan PDGI, Formula Gelar Pengobatan Gratis Gigi dan Mulut di Kuningan

"Dilengkapi dengan proteksi pada dinding dan lantai, headphone dengan noise canceling, stress releasing toys, dan alunan musik yang menenangkan,”,jelas drg. Mia.

Berbagai upaya peningkatan kemampuan telah dilakukan untuk mendukung program Special Needs Dental Care Center.

Staf medis dan nonmedis diberikan pelatihan agar mampu berkomunikasi dan menangani individu berkebutuhan khusus, baik secara medis dan psikologis.

Baca juga : Airway Dentistry Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Lebih Komprehensif

"Dokter gigi kami menangani pasien dengan segala kondisi termasuk down syndrome, autisme, ADHD, developmental delay, pasien trauma, dan banyak lagi," ucap drg.Mia.

"Kami memperlakukan pasien dan keluarga mereka dengan rasa hormat yang pantas mereka terima dan melakukan segala yang diperlukan untuk memastikan pemeriksaan dan prosedur gigi dilakukan secara aman, cepat, dan efektif," terangnya. 

"Kami menggunakan berbagai teknik perilaku untuk membantu pasien rileks. Bila perlu, kami juga memiliki pelayanan Painless Dental Care yang memungkinkan pasien dapat dirawat gigi tanpa rasa cemas dan trauma," ujar drg.Mia.

"Selama perawatan, dokter gigi dapat mendiskusikan pendekatan yang berbeda dan mengedukasi cara merawat gigi dirumah bagi pasien, keluarga dan pengasuh mereka agar kesehatan gigi dapat terjaga," katanya.(RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat