visitaaponce.com

Mengenal Diet Intermittent Fasting dan Caranya

Mengenal Diet Intermittent Fasting dan Caranya
Ilustrasi.(Lampung Post.)

DIET merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh seseorang dengan cara mengurangi atau merubah pola dan jenis konsumsi dari makanan demi kepentingan kesehatan dan kebugaran tubuh. Banyak orang mengeluhkan aktivitas diet, karena dianggap melelahkan. 

Namun, sebenarnya anda dapat melakukan diet dengan puasa atau dikenal dengan diet intermittent fasting.

Pengertian diet intermittent fasting

Diet intermittent fasting atau diet puasa adalah kegiatan mengatur pola makan dengan cara melakukan penyetopan total konsumsi makanan selama beberapa waktu, tetapi anda tetap dapat mengonsumsi minuman. Artinya, anda tidak secara berkala mengurangi porsi makanan anda, alih-alih melakukan penyetopan dalam jangka waktu tertentu. 

Dengan melakukan diet puasa, anda secara perlahan-lahan dapat membantu mengatur pola makan yang lebih berkurang dibanding sebelumnya. Hal ini dapat membantu menciptakan tubuh yang lebih ramping. Selain itu, diet inidapat membantu mengendalikan tekanan darah, kolesterol tinggi, dan mengoptimalkan pembakaran lemak yang lebih pada tubuh.

Cara melakukan diet intermittent fasting

Karena fokus dari diet ini ialah melakukan penyetopan konsumsi makanan dalam jangka waktu tertentu. Berikut cara melakukan diet intermittent fasting dilansir dari laman hellosehat.

1. The 16/8 method.
 
Metode puasa ini dilakukan dengan cara melakukan puasa selama 16 jam dan melakukan kegiatan konsumsi makan pada 8 jam setelahnya. Misalnya, anda dapat melakukan kegiatan konsumsi makanan dimulai dari jam 12 siang lalu dilanjut pada jam 8 malam. Lalu, dari jam 8 malam hingga jam 12 siang ke depan, anda diwajibkan untuk melakukan puasa makanan, tetapi tetap dapat mengonsumsi minuman.

2. Eat-Stop-Eat.

Metode ini membuat anda untuk melakukan puasa penuh selama 24 jam dalam sebuah periode waktu, misalnya per minggu atau per bulan. Barang kali anda tidak dapat melakukannya secara penuh selama 24 jam penuh, anda dapat melakukannya secara bertahap hingga dapat memenuhi 24 jam.

3. The 5:2 Diet.

Metode ini dilakukan dengan melakukan pengurangan konsumsi kalori hingga 25%. Metode ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi porsi makanan, baik itu mulai dari karbohidrat hingga protein. Metode ini dilakukan selama 2-3 kali dalam satu periode waktu. Disarankan ialah per minggu. Di lain jadwal tersebut, anda dapat mengonsumsi makanan dengan porsi normal. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat