visitaaponce.com

Arti Warna Bunga Mawar, Ternyata Menggambarkan Perasaan..

Arti Warna Bunga Mawar, Ternyata Menggambarkan Perasaan..
Perkebunan Grace Rose Farm, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jabar mampu menghasilkan 2.000 tangkai bunga setiap hari.(MI/NAVIANDRI)

BUNGA mawar dipercaya sebagai  simbol yang menunjukkan rasa cinta. Bunga mawar memang sering dijadikan sebagai hadiah dalam berbagai acara, entah itu hari ulang tahun, hari kelulusan, acara keluarga, atau hari kasih sayang. Namun, Anda harus tahu bahwa setiap warna dari bunga mawar memiliki makna tersendiri.

Dikutip dari buku Keanekaragaman Bunga bunga mawar merupakan  jenis bunga yang dapat tumbuh di banyak tempat. Bunga mawar bahkan juga dapat tumbuh baik di Indonesia. Oleh sebab itu, terdapat berbagai jenis bunga mawar yang ada di dunia. Tidak sedikit pula yang memberikan bunga mawar sebagai hadiah kepada orang yang tersayang. 

Baca juga: Anggota Polres Jakut Korban Penusukan Anak Bandar Narkoba Membaik

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melihat daftar arti bunga mawar terlebih dahulu ketika hendak memberikan mawar kepada seseorang. Apakah Anda ingin menunjukkan rasa terima kasih, perasaan cinta, simpati atau dorongan semangat, semuanya akan diwakilkan dengan warna-warna yang berbeda.

Arti Bunga Mawar Merah

Bunga mawar sering digunakan sebagai ungkapan perasaan yang ingin disampaikan oleh seseorang ke orang lainnya. Terkadang bunga ini memiliki arti "Aku mencintaimu" atau "Maafkan aku," dan perasaan lainnya yang mungkin enggan diucapkan langsung.

Jack Goody, dalam bukunya 'The Culture of Flowers' menyebutkan bahwa floriografi yaitu seni berbicara dengan bunga berasal dari Persia. Pada saat itu, wanita buta huruf di Persia menggunakan bunga untuk berkomunikasi karena bahasa tertulis dilarang. Dari situlah masing-masing bunga memiliki arti dan maknanya sendiri.

Di era modern, bunga mawar merah masih terus digunakan untuk mengekspresikan perasaan pada yang terkasih. Selain itu, bunga ini juga sering diasosiasikan dengan keintiman dan emosi yang penuh gairah. 

Warna merah pada bunga mawar secara umum merujuk pada kasih sayang, cinta, dan kekaguman. Sementara mawar dengan warna merah yang lebih cerah melambangkan romansa. Lalu bunga mawar merah burgundy dan merah tua berarti cinta abadi. Mawar merah yang masih kuncup memiliki arti cinta yang masih berbunga atau sedang berada pada tahap awal.

Arti Bunga Mawar Putih

Bunga mawar putih mempunyai makna ketulusan, kesucian, keagungan, dan kemurnian dari sebuah cinta sejati. Bunga mawar ini bisa dijadikan hadiah untuk orang terkasih. Lalu, apabila kalian ingin melamar pasangan, bisa juga memberikan buket mawar putih sebagai hadiah lamaran untuk melanjutkan hubungan ke tahap pernikahan.

Selain itu, bunga mawar putih juga kerap dipakai dalam momen pernikahan, karena pernikahan merupakan hal yang suci atau sakral. Kemudian, jika kalian ingin meminta maaf dan mengucapkan kata terima kasih kepada orang lain, berikan saja bunga mawar berwarna putih sebagai simbol ketulusan dari hati yang terdalam kepada orang tersebut.

Arti Bunga Mawar Hitam

Mawar hitam melambangkan kematian atau duka bagi orang yang meninggal karena warna hitam melambangkan kematian dan kesedihan. Selain itu, dianggap sebagai tradisi pemakaman untuk mempersembahkan mawar hitam sebagai penghormatan. 

Oleh karena itu, bunga mawar hitam telah lama menjadi bunga pilihan untuk mengungkapkan kesedihan, tetapi sekarang varietas baru dari bunga tersebut, yakni mawar merah muda pastel. Bunga-bunga ini melambangkan kematian dan diberikan sebagai pengganti mawar hitam untuk menunjukkan bahwa seseorang meninggal terlalu cepat.

Arti Bunga Mawar Pink

Memiliki arti sebagai ucapan rasa syukur, berkah, dan kebahagiaan, mawar pink dapat Anda berikan pada orang yang Anda kagumi. Bisa kepada keluarga Anda, ibu Anda, atau teman dan pasangan Anda sebagai simbol rasa kagum kepada mereka.

Sama seperti mawar merah, shade yang berbeda pada mawar pink tentunya memiliki arti yang berbeda juga. Mawar dengan warna pink gelap menyimbolkan rasa terima kasih dan apresiasi. Mawar dengan warna pink lebih pucat digunakan sebagai simbol lemah lembut dan kerap diberikan dalam kegiatan yang melibatkan rasa simpati.

Arti Bunga Mawar Biru

Mawar biru melambangkan misteri karena sulit didapatkan di alam. Selain itu, karena warnanya, mawar ini juga simbol keunikan.

Arti Bunga Mawar Kuning
Bunga mawar berwarna cerah ini menyiratkan keceburuan dan perselingkuhan. Namun, di zaman modern, varietas ini dikaitkan dengan kesedihan dan keceriaan karena warnanya yang cerah. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat