visitaaponce.com

Ini Strategi Mendapatkan Keuntungan dari Aset Kripto Melalui Bunga

Ini Strategi Mendapatkan Keuntungan dari Aset Kripto Melalui Bunga
Ilustrasi(AFP/Ozan KOSE)

DI dunia kripto yang penuh volatilitas, mencari keuntungan tidak hanya terbatas pada trading. Berbagai protokol DeFi (Decentralized Finance) telah membuka jalan bagi investor untuk meraih keuntungan alternatif melalui bunga, memberikan pilihan bagi mereka yang mencari pendapatan pasif tanpa terlalu terpapar risiko trading. 

Berikut adalah panduan dari Pintu Academy untuk memanfaatkan yield farming, staking, dan Pintu Earn sebagai metode untuk mendapatkan bunga dari aset kripto.

Yield farming merupakan salah satu metode populer dalam ekosistem DeFi, ketika pengguna meminjamkan aset kripto mereka dan mendapatkan bunga sebagai imbalannya. 

Baca juga : Pilih Mana, Trading Aktif dan Investasi Pasif?

Platform seperti Compound dan AAVE memungkinkan pengguna untuk meminjam atau meminjamkan aset mereka dengan imbalan bunga yang menarik. 

Sementara itu, menjadi penyedia likuiditas di bursa desentralisasi (DEX) seperti Uniswap memberikan kesempatan untuk mendapatkan sebagian dari biaya transaksi. Namun, Anda tetap harus memahami risiko ini sebelum terjun ke dalam yield farming.

Staking merupakan proses penguncian aset kripto untuk mendukung operasi dan keamanan blockchain, khususnya pada blockchain yang menggunakan mekanisme proof-of-stake (PoS). 

Baca juga : Jelang Devcon Ethereum  di Asia Tenggara, Pintu Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Dengan melakukan staking, pengguna dapat memperoleh imbalan berupa bunga dari aset yang mereka staking. Seperti fitur PTU Staking yang dimiliki aplikasi PINTU yang dapat memberikan imbalan hingga 14% per tahun. 

Sebagai alternatif dari yield farming dan staking, banyak platform aset kripto menawarkan program earn yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan bunga dari penyimpanan aset kripto. 

Program ini serupa dengan rekening tabungan, ketika pengguna bisa menyetor aset kripto dan mendapatkan bunga majemuk. 

Baca juga : Perbedaan Karakteristik Mata Uang Fiat dan Bitcoin

Skema ini menawarkan fleksibilitas lebih dengan bunga yang dibayarkan secara harian atau bahkan per jam, seringkali dengan rate yang lebih tinggi dibanding rekening tabungan konvensional. 

Salah satu platform yang menawarkan program earn adalah Pintu, dengan fitur Pintu Earn, yang memungkinkan pengguna mendapatkan bunga dari penyimpanan aset kripto. 

Fitur ini dirancang untuk memberikan keamanan dan kemudahan bagi pengguna, baik itu untuk penyimpanan aset dalam jangka pendek atau panjang, sambil mendapatkan pendapatan pasif.

Dengan beragam pilihan untuk mendapatkan bunga dari aset kripto, investor kini memiliki lebih banyak strategi untuk memaksimalkan keuntungan mereka di pasar kripto. 

Memilih metode yang sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan individu adalah kunci untuk memanfaatkan peluang ini secara optimal. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat