visitaaponce.com

Besok, Pedulilindungi akan Berubah Jadi Satu Sehat Mobile

Besok, Pedulilindungi akan Berubah Jadi Satu Sehat Mobile
Pengunjung memindai aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki kawasan Wisata Religi di Kompleks Kesultanan Banten di Kasemen, Serang, Banten.(ANTARA/Asep Fathulrahman)

TRANSISI aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile dimulai hari ini. Proses tersebut ditargetkan rampung pada awal Maret 2023.

"Masyarakat tinggal tunggu nanti di 1 Maret 2023, aplikasi (PeduliLindungi) di handphone akan berubah sendiri," kata Deputi Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Agus Rachmanto dalam keterangan tertulis, Selasa (28/2).

Agus mengatakan pembaruan itu akan diterima pengguna secara otomatis. Masyarakat hanya perlu menantikan aplikasi teranyar.

Baca juga: Kemenkes Sebut Aplikasi Satu Sehat Mobile akan Memudahkan Masyarakat

"Pengguna tidak perlu mengunduh kembali aplikasi Satu Sehat Mobile karena akan berubah secara otomatis per 1 Maret 2023," ujar dia.

Agus mengatakan PeduliLindungi siap bertransformasi secara total. Satu Sehat Mobile yang merupakan salah satu layanan platform SATUSEHAT bakal memudahkan masyarakat memantau kesehatannya.

"Bentuknya tidak dibuat secara spesifik seperti PeduIiLindungi karena akan menyediakan layanan kesehatan yang lebih luas," jelas dia.

Agus mengungkapkan salah satu fiturnya adalah integrasi data rekam medis. Kemudian tiket serta sertifikat vaksin covid-19 juga tetap bisa diakses di Satu Sehat Mobile.

"Ini bentuk konkret mewujudkan pilar keenam dalam transformasi sistem kesehatan, yakni transformasi teknologi kesehatan," tutur dia.

Aplikasi PeduliLindungi akan berubah nama menjadi SATUSEHAT. Perubahan itu bakal memaksimalkan fungsi pemantauan kesehatan masyarakat.

"PeduliLindungi akan resmi bertransisi menjadi SATUSEHAT Mobile pada 28 Februari 2023," tulis laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dikutip pada Senin (27/2). (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat