visitaaponce.com

Listrik Dinamis Adalah Pengertian, Rumus, dan Contoh

Listrik Dinamis Adalah: Pengertian, Rumus, dan Contoh
Ilustrasi.(DOK Kemendikbud.)

LISTRIK dinamis adalah muatan-muatan listrik yang mengalir atau bergerak. Elektron yang bergerak secara searah maupun bolak-balik dalam suatu konduktor atau yang biasa disebut dengan aliran listrik. Aliran listrik tersebut mirip dengan aliran sungai yang mengalir, sehingga listrik dinamis disebut dengan arus listrik. Hal ini dipelajari secara umum dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Arus listrik adalah aliran partikel bermuatan positif yang melalui konduktor atau penghantar dari potensial tinggi ke potensial rendah. Arus listrik dapat dianalogikan dengan aliran air yang terjadi karena adanya perbedaan ketinggian. Air dapat mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Begitu juga dengan arus listrik dinamis yang dapat bergerak dengan perbedaan energi potensial.

Bila elektron bebas bergerak ke arah yang tetap, listrik dinamis ini disebut listrik arus searah (DC). Bila arah pergerakan jumlah arus secara periodik terhadap waktu, listrik dinamis ini disebut arus bolak balik (AC). 

Baca juga: Jenis-Jenis Pesawat Sederhana dan Contoh

Listrik dinamis adalah listrik yang dapat bergerak atau mengalir dalam rangkaian listrik. Arus listriknya adalah aliran muatan listrik yang melewati kawat penghantar tiap satuan waktu.

Hukum Ohm

Hukum Ohm menjelaskan bahwa keterkaitan beda potensial atau tegangan dari suatu sumber arus, kuat arus listrik, dan resistansi suatu rangkaian. Hukum Ohm menyatakan jika tegangan dalam suatu rangkaian dinaikkan, arusnya akan naik. Begitu pula sebaliknya. 

Baca juga: Perbedaan Listrik Statis dan Listrik Dinamis serta Contohnya

Contohnya, saat tegangan listrik ditambah dua kali, arus juga akan bertambah dua kali. Berdasarkan Hukum Ohm, rumus kuat arus listrik adalah I = V/R. I menyatakan kuat arus, V adalah tegangan, dan R adalah resistansi atau hambatan.

Jenis arus listrik dinamis

Ada beberapa jenis arus listrik dinamis. Berikut uraiannya.

1. Arus listrik searah. 

Ini merupakan jenis arus listrik yang ketika elektron mengalir hanya dalam satu arah. Adapun contoh dari jenis arus listrik dinamis adalah arus yang dihasilkan oleh panel fotovoltaik.

Baca juga: Mengenal Pancaindra Manusia beserta Fungsinya

2. Arus listrik bolak-balik. 

Ini terjadi ketika elektron mengubah arahnya secara berulang, mulai dari positif ke negatif. Arus bolak-balik atau AC ini merupakan jenis listrik yang seringkali digunakan di rumah yang kita tinggali.

Karakteristik listrik dinamis

- Listrik dinamis terdiri dari muatan listrik yang bergerak sehingga menghasilkan arus listrik.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Awan dan Ciri-Cirinya

- Untuk menjaga agar beban tetap mengalir, diperlukan agen untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan agar beban tetap bergerak.

- Dalam Satuan Sistem Internasional, muatan diukur dalam satuan coulomb (C) dan arus dalam coulomb / detik, satuan yang disebut ampere (A). Arus 1 A berarti luas penampang penghantar mengalir 1 C setiap detik.

Baca juga: Mengenal Hormon pada Manusia, Ciri-ciri Ketidakseimbangan Hormon

- Arus listrik butuh jalur tertutup untuk mempertahankan alirannya. Jalur ini disebut sirkuit dan harus tertutup, jika arus yang mengalir melalui jalur terbuka, itu akan berhenti.

- Semua muatan yang bergerak menghasilkan medan magnet, termasuk kawat membawa arus.

- Pada prinsipnya, arah arus adalah gerakan yang diikuti oleh elektron dalam penghantar yang meninggalkan kutub negatif baterai dan menuju positif.

Baca juga: Mengenal Angin Muson Penyebab Indonesia Alami Perubahan Musim

Contoh penerapan listrik dinamis

1. Rangkaian listrik.
2. Sistem transmisi listrik.
3. Listrik atmosfer.
4. Listrik terestrial.
5. Aurora di wilayah kutub.
6. Fungsi sistem saraf.
7. Defibrillator.
8. Penggunaan baterai pada laptop.
9. Penggunaan baterai untuk menyalakan lampu senter.
10. Penggunaan bel listrik.
11. Penggunaan power bank.
12. Penggunaan baterai untuk menggerakkan mobil-mobilan.

Baca juga: Nama-Nama Dinosaurus Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

Manfaat listrik dinamis

1. Sebagai sumber energi.
2. Penghasil cahaya.
3. Penghasil panas.
4. Penghasil gerak. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat