visitaaponce.com

Waktu Terbaik Salat Tahajud agar Doa Dikabulkan

Waktu Terbaik Salat Tahajud agar Doa Dikabulkan
ilustrasi salat(freepik.com)

SALAT tahajud merupakan salat sunah yang dikerjakan pada malam hari. Salat tahajud adalah wujud takwa dan cinta seorang hamba kepada Allah SWT. Salat tahajud juga menjadi salat sunah yang berat dilakukan, karena bertepatan dengan waktu istirahat manusia setelah lelah bekerja pada siang hari. Karenanya, hanya orang yang bertakwa dan cinta kepada Allah SWT yang mampu melaksanakan salat tahajud secara terus-menerus setiap malam.

Surat Al-Isra ayat 79 yang berbunyi:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan pada sebagian malam hari, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Nabi SAW menyatakan dalam sebuah hadits yang menjelaskan salat tahajud menjadi ibadah sunnah yang utama setelah salat fardhu.

فْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Artinya: "Sebaik-baiknya puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram). Sebaik-baik salat setelah salat wajib adalah salat malam." (HR. Muslim)

Sesuai dengan Hadist Rasullullah SAW dalam HR. Bukhari dan Muslim yang menyatakan, "Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang terakhir dari waktu malam, lalu berseru: adalah orang-orang yang memohon (berdo'a), pasti akan aku kabulkan, adakah orang yang meminta, pasti aku mengharap/memohon ampunan, pasti akan-Ku ampuni baginya, sampai tiba waktu subuh."

Pembagian 3 waktu tersebut digagas dalam Al-Quran surat Al-Muzammil ayat 1-4 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الْمُزَّمِّلُۙ, قُمِ الَّيْلَ اِلَّا قَلِيْلًاۙ, نِّصْفَهٗٓ اَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيْلًاۙ, اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ

Artinya: "Hai orang-orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan."

Apabila menurut waktu Indonesia, maka pembagiannya seperti berikut:

1. Sepertiga pertama, yaitu kira-kira dari jam 22.00 - 23.00
2. Sepertiga kedua, yaitu kira-kira pada pukul 00.00 - 01.00
3. Sepertiga ketiga, yaitu kira-kira pada pukul 03.00 - masuknya waktu subuh.

(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat