visitaaponce.com

Binus dan British Council Indonesia Foundation Gelar School Leaders Forum 2023.

Binus dan British Council Indonesia Foundation Gelar School Leaders Forum 2023.
British Council School Leaders Forum 2023 yang digelar di Kampus Binus University Jakarta, Rabu (1/3).(Ist)

BINUS International bersama British Council Indonesia Foundation menggelar forum yang bertajuk 'British Council School Leaders Forum 2023: International Partnerships for Global Education Standards in Indonesia' di Kampus Binus International, Jakarta, Rabu (1/3).

British Council Indonesia Foundation merupakan yayasan yang merupakan
bagian dari British Council Holdings di Inggris. Yayasan ini dibentuk untuk mempererat hubungan kebudayaan serta meningkatkan kesempatan pendidikan kedua negara, dengan fokus pada pengujian, pengembangan guru, dan pengajaran Bahasa Inggris.

Dalam kesempatan ini, pihak British Council Indonesia Foundation memberikan beragam insight mengenai demand terhadap global education di Indonesia, di antaranya dalam bentuk kurikulum internasional Cambridge.

Kurikulum Cambridge dinilai ideal bagi siswa di Indonesia karena tujuannya yang berfokus pada kebebasan siswa untuk mendalami mata pelajaran yang disukai. Selain itu, kurikulum ini juga mengutamakan soft skill siswa seperti public speaking, serta melatih mereka agar mampu melanjutkan pendidikan di kampus terbaik di dunia.

Kurikulum Cambridge akan membekali mereka dengan kemampuan berbahasa Inggris dan cara pandang internasional. Saat ini, kurikulum tersebut telah digunakan sekitar 200 sekolah di Indonesia dan 160 negara di dunia.

Kurikulum yang menganut prinsip global education ini diharapkan bisa menciptakan siswa yang siap menghadapi era global. Jadi, siswa akan menjadi lebih terbuka secara pemikiran, skill, maupun aksi agar lebih adaptif dengan perkembangan zaman. Selain itu, siswa juga diharapkan menjadi peserta didik yang otonom serta bertanggung jawab.

British Council menilai persiapan dan pengaplikasian kurikulum ini akan dilakukan dengan kualifikasi internasional, didukung oleh Cambridge Assessment International Education (CAIE). CAIE sendiri merupakan bagian dari Cambridge University, salah satu universitas ternama di dunia.


Baca juga: Universitas Pancasila Raih Penghargaan Academic Partner of The Year


Dalam forum ini, Binus International dan British Council Indonesia Foundation hanya mengundang kepala sekolah serta pemangku keputusan dari sekolah-sekolah terpilih di Indonesia.

Direktur Binus International, Andreas Chang, mengakui tingginya demand terhadap global education berstandar internasional di Indonesia. Hal ini juga menjadi salah satu fokus utama Binus University, yang selama ini menerapkan edukasi berstandar internasional dengan pendekatan
Cambridge.

"Agar siswa dapat menghadapi era global ini, memang dibutuhkan kurikulum yang bersifat global pula untuk mempersiapkan mereka di masa depan," kata Andreas Chang dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (2/3).

Dikatakan Chang, BINUS International telah mengangkat spirit global  experience dengan mengaplikasikan standar internasional dalam berbagai aspek pendidikannya. Selain penerapan kurikulum internasional, BINUS International senantiasa menciptakan international environment melalui penggunaan Bahasa Inggris, international lectures, international students, serta mentoring teaching method.

Dalam kesempatan sama, praktisi pendidikan yang juga Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Itje Chodidjah, mengapresiasi School Leaders Forum 2023 tersebut.

"Kami nilai acara ini baik sekali. Kalau bisa banyak kampus yang menggelar ini, sehingga banyak yang terakomodor untuk belajar. Apalagi, kampus yang punya LPTK mestinya lebih proaktif," kata Itje Chodijah.

Itje juga berharap, kampus Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) juga bisa mengadakan forum semacam ini. "Kegiatan Binus dan British Council ini dapar membantu percepatan peningkatan kualitas para kepala sekolah kita," tandasnya. (RO/OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat