visitaaponce.com

Manfaat Kurma Ajwa, Dianjurkan Rasulullah

Manfaat Kurma Ajwa, Dianjurkan Rasulullah
Pegawai toko menunjukkan kurma ajwa yang merupakan oleh-oleh khas haji dan umrah di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Selasa (24/1/2023).(MI/Susanto.)

KITA mau memasuki bulan Ramadan. Salah satu jenis kurma yang paling banyak dicari orang-orang di Ramadan ialah kurma ajwa.

Kurma juga sangat dianjurkan untuk berbuka puasa karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Saat ini sudah banyak sekali jenis kurma yang beredar di pasaran, di antaranya kurma ambera, kurma barhi, kurma halawy hingga kurma ajwa.

Kurma dalam Al-Quran dan hadis

Lantas, apa yang membuat kurma ajwa spesial? Nah, selain rasa khasnya, buah ini memiliki kandungan serat, mineral, dan vitamin yang tinggi. Ada segudang manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan mengonsumsi kurma ajwa loh.

Di Al-Qur'an, kurma ialah buah yang paling banyak disebut. Surah-surah yang menyebut kurma di antaranya Ar-Ra'd, Maryam, Al-Baqarah, Al-Hasyr, dan Qaaf. Kurma juga disebutkan dalam banyak hadis Rasulullah.

Ibnul Qayyim menyebutkan bahwa kurma bisa menguatkan (menajamkan) penglihatan dan sangat mujarab. Kurma sangat mujarab jika digunakan berbuka sebelum lainnya. Itu kata Ibnul Qayyim. 

Dari Salman bin 'Amir Adh Dhobbi radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda,

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ

"Jika salah seorang di antara kalian berbuka, berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, berbukalah dengan air karena air itu mensucikan." (HR Ibnu Majah, Abu Daud, An Nasai, Tirmidzi, dan Imam Ahmad. Hadits ini disahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al Hakim)

Khasiat kurma

1. Mengonsumsi tujuh buah kurma ajwa dapat menangkal racun dan sihir.

Di Indonesia, kurma ajwa merupakan salah satu jenis kurma premium yang cukup populer. Kurma yang lebih dikenal sebagai kurma nabi ini merupakan jenis kurma yang pertama kali ditanam oleh Rasulullah SAW. 

Bentuknya padat dan agak keras, tetapi memiliki rasa yang lezat, harum, dan empuk ketika dimakan. Itulah yang membuat kurma ini dijual dengan harga yang terbilang tinggi di antara jenis kurma lain.

Dalam Shahih Buhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda seperti yang diriwayatkan oleh Saad bin Abi Waqash. Berikut bunyi hadisnya, "Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir."

Kurma ajwa juga disebutkan berasal dari surga. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, "Kurma ajwa itu berasal dari surga. Ia adalah obat dari racun." (HR Ibnu Majah dengan sanad yang shahih)

2. Menjauhkan pemiliknya dari kelaparan.

Beberapa hadis menyebutkan bahwa tamr atau kurma kering dapat mencegah pemiliknya dari kelaparan. Hal ini seperti yang disampaikan Rasulullah SAW dalam hadis sebagai berikut, "Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membikin lapar penghuninya." (HR Muslim nomor 2046)

"Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, seperti rumah yang tidak ada makanan di dalamnya." (HR Ibnu Majah nomor 3328)

3. Mencerdaskan otak.

Ibnu Qayyim pernah menyampaikan bahwa ruthab (kurma basah) bisa meningkatkan kecerdasan seseorang. Khususnya, jika dimakan dengan biji buah cemara. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, "Berilah makan buah kurma kepada istri-istrimu yang sedang hamil, karena sekiranya wanita hamil itu makan buah kurma, niscaya anak yang lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun, serta cerdas. Sesungguhnya makanan Maryam tatkala melahirkan Nabi Isa ialah buah kurma. Sekiranya Allah menjadikan suatu buah yang lebih baik daripada kurma, Allah akan memberikan buah itu kepada Maryam.' (HR Bukhari)

4. Dapat menyuplai energi lebih baik ketimbang nasi ketika buka puasa.

Kurma memiliki kandungan gula yang penyerapannya oleh tubuh lebih cepat ketimbang nasi. Ketika kita mengonsumsi nasi, unsur gula akan diserap oleh tubuh sekitar lima jam.
 
Sedangkan, tubuh hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menyerap kandungan gula pada kurma. Inilah yang menjadi alasan buah satu ini baik untuk disantap ketika berbuka puasa karena dapat menyuplai energi secara cepat. Rasulullah SAW pun pernah bersabda mengenai anjuran berbuka puasa dengan kurma.

"Apabila salah seorang di antara kamu ingin berbuka puasa, hendaklah memulainya dengan kurma, karena ia memiliki keberkahan. Jika tidak ada kurma, mulailah dengan air minum, karena ia menyucikan." (HR Daud dan Tirmidzi)

Manfaat kurma bagi kesehatan

1. Membantu proses persalinan.

Ibu hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan makanan yang kaya akan unsur gula. Hal ini karena kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi. Kandungan gula dan vitamin B1 dalam buah kurma sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan mengatur kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi.

2. Menetralisasi asam.

Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti kalsium dan potasium. Buah kurma adalah makananan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein.

3. Mengatasi sembelit.

Serat pangan yang terkandung dalam buah kurma cukup besar. Serat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan menghambat penyerapan lemak atau kolesterol di dalam usus besar, sehingga kolesterol dalam darah tidak meningkat.

4. Sebagai antioksidan.

Kurma merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan diketahui memiliki peran penting dalam pencegahan kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Antioksidan yang terkandung dalam buah kurma antara lain karotenoid, yang kadarnya bisa mencapai 973 mg/100 g kurma kering, fenolik sekitar 239,5 mg/100 g kurma kering, flavonoid, dan tanin.

5. Sebagai antitumor.

Berdasarkan penelitian terdahulu dilaporkan bahwa Beta Dglucan yang terkandung dalam kurma memiliki aktivitas antitumor. Penelitian yang dilakukan pada kurma ajwa menunjukkan adanya efek potensi dalam memperbaiki kerusakan dari ochratoxin nepherotoxicity yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

6. Sebagai antidiabetes.

Kandungan zat aktif yang terdapat dalam ekstrak kurma seperti flavonoid, steroid, fenol, dan saponin memiliki peran sebagai anti diabetes. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kurma memberikan manfaat dalam mengontrol glikemik dan lemak pada pasien diabetes.

7. Mencegah anemia.

Kurma mengandung zat besi, protein, karbohidrat, dan lemak yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

8. Sebagai antiinflamasi.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa komponen seperti fenol dan flavonoid yang terkandung dalam tumbuhan memiliki efek sebagai agen antiinflamasi yang baik. Buah kurma memiliki peran penting sebagai anti inflamasi dan berdasarkan penelitian terbaru melaporkan bahwa kandungan dalam kurma ajwa seperti etil asetat, methanol, serta ekstrak kurma ajwa dapat menginhibisi enzim lipid peroksidasi siklooksigenase COX-1 dan COX-2.

9. Menurunkan kadar kolestrol.

Kadar kolestrol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak aterosklerosis yang dapat menyumbat aliran darah. Kurma ajwa mengandung senyawa phytosterol yang dapat menurunkan kadara kolestrol pada darah.

10. Menurunkan kadar LDL darah.

Kadar Low Density Lipoptotein (LDL) yang tinggi di darah merupakan faktor risiko pembentukan aterosklerosis. Kurma ajwa mengandung plant sterol dan falvonoid dapat menurunkan LDL.

Ciri-ciri kurma ajwa asli

1. Bentuk dan tekstur.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak membeli kurma ajwa ialah melihat bentuk dan teksturnya. Kurma ajwa yang asli memiliki tekstur garutan yang terlihat lebih banyak pada bagian luar kulitnya. Kemudian dari segi ukuran, kurma ajwa asli memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dari kurma-kurma lain pada umumnya.

2. Warna.

Umumnya, untuk membedakan kurma ajwa asli dan palsu, kalian juga dapat melihat dari warna kurmanya. Berbeda dengan kurma pada umumnya yang memiliki warna cokelat dan cokelat tua, kurma ajwa memiliki warna yang hitam pekat, tetapi ada juga yang warnanya merah.

Kurma ajwa memang bukan satu-satunya kurma yang berwarna hitam. Namun kurma lain warnanya tidak sepekat seperti kurma ajwa yang asli. Pedagang biasanya mengakali penjualannya dengan mencampurkan kurma ajwa asli dengan kurma biasa.

3. Rasa.

Rasa juga bisa membedakan kurma ajwa asli dan palsu. Kurma ajwa yang asli memiliki rasa yang tidak terlalu manis bila dibandingkan dengan kurma lain. Jika saat dicooba, kurma tersebut rasanya sangat manis, bisa dipastikan itu kurma ajwa palsu.

4. Harga.

Kurma ajwa asli biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan kurma pada umumnya. Satu kilogram buah kurma ajwa yang asli biasanya dibanderol dengan harga Rp300 ribu hingga Rp400 ribu. Karena itu, akan aneh jika ada penjual yang menawarkan kurma ajwa dengan harga murah, karena bisa jadi ia menjual kurma ajwa yang palsu. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat