visitaaponce.com

Cara Merebus Daun Salam untuk Obat Kolesterol dan Asam Urat

Cara Merebus Daun Salam untuk Obat Kolesterol dan Asam Urat
Petugas menyortir daun salam di Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) Pekalongan, Jawa Tengah.(Antara/Harviyan Perdana Putra.)

DAUN salam merupakan salah satu unsur dalam masakan yang sering kita temui di makanan Indonesia. Daun salam, memberi aroma yang khas dan rasa yang lebih kuat pada masakan. Lebih daripada itu, daun salam ternyata memiliki manfaat yang lebih banyak. 

Daun salam mengandung vitamin dan senyawa yang baik seperti  vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, tanin, alkaloid, steroid, triterpenoid, serta senyawa lain. 

Manfaat daun salam

Selain menjadi unsur pada masakan, senyawa dan vitamin yang terkandung di dalam daun salam membuatnya bisa menjadi obat bagi berbagai penyakit. Daun salam, dipercaya bisa menjadi ramuan untuk mengobati penyakit seperti berikut.

Baca juga: Ini Manfaat, Kandungan Gizi, dan Cara Membuat Minyak Cengkih 

1. Memperbaiki saluran pencernaan. 

Daun salam memiliki kandungan enzim dengan protein yang tersedia di dalamnya dan dapat memberikan rasa nyaman untuk mereka menjalani program diet nonvegetarian.

2. Obat herbal untuk asam urat.

Air rebusan dari daun salam, dipercaya dapat mengatasi nyeri pada asam urat. Penyakit asam urat yang menyerang persendian, dapat dicegah dengan meminum rebusan daun salam.

Baca juga: Ingin Buat Ramuan Herbal, Masukkan Madu Saat Terakhir

3. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Daun salam memiliki senyawa flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan quercetin pada daun salam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh

4. Meningkatkan kesehatan jantung.

Daun salam juga mengandung senyawa asam caffeic yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan peredaran darah. Selain itu senyawa ini juga dapat membantu mencegah kolesterol di sistem kardiovaskular.

Baca juga: Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan

5. Membantu menurunkan kadar gula.

Daun salam yang memiliki senyawa flavonoid, dapat membantu menurunkan kadar gula di dalam tubuh. Sebab, kadar gula yang terlalu tinggi, dapat menyebabkan seseorang mengidap diabetes. 

Cara mengonsumsi daun salam

Apabila selama ini daun salam hanya digunakan sebagai unsur tambahan agar masakan lebih beraroma. Ternyata daun salam dapat menjadi herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit. Daun salam dapat dikonsumsi dengan cara yang sederhana yaitu direbus. Berikut caranya.

Baca juga: Tujuh Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan

1. Siapkan 10-15 lembar daun salam bersih yang telah dicuci.
2. Siapkan panci dan panaskan air dengan api.
3. Masukan daun salam yang telah dicuci bersih.
4. Air hasil rebusan daun salam, dapat diminum. 
5. Anda dapat menambahkan herbal lainnya seperti kumis kucing untuk menambah khasiat dari daun salam. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat