visitaaponce.com

Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan

Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan
Ilustrasi.(DOK Medcom.id.)

DAUN saga merupakan tumbuhan yang dengan mudah Anda temui di sekitar. Daun saga memiliki bentuk majemuk bersirip ganjil dengan biji yang berwarna merah berbintik hitam serta bunga yang berwarna ungu muda. 

Daun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dengan kandungan antioksidan, antibakteri, dan lainnya.

Manfaat daun saga untuk kesehatan

Manfaat daun saga untuk kesehatan

Namun, Anda tidak boleh mencoba biji saga karena mengandung racun. Berikut beberapa manfaat daun saga bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Ayo Kenali Tujuh Manfaat Daun Sungkai

Meredakan panas dalam

Air rebusan daun saga dapat meredakan panas dalam. Anda dapat merebusnya dengan dua gelas air hingga menjadi setengahnya.

Kemudian, dinginkan sebentar, saring, dan minum air rebusan tersebut.

Mengobati sariawan

Kandungan bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat, turunan metilnya, dan glycyrrhizin dalam daun saga bermanfaat untuk mengobati sariawan.

Caranya yaitu jemur daun saga hingga kering. Setelah kering, kunyah daun tersebut tetapi jangan ditelan. Apabila Anda ingin yang lebih mudah yaitu berkumur air rebusan daun saga.

Baca juga: Ini Manfaat Daun Salam Jika Direbus dan Diminum Tiap Hari

Mencegah kanker

Kandungan antioksidan pada daun saga ampuh menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak hingga memicu kanker

Mengobati masalah pencernaan

Daun saga juga mengandung farmakologi dab farmakognostik yang mampu untuk menyembuhkan sakit perut. Daun saga yang diolah menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung untuk mengobati sakit perut.

Menambah nafsu makan

Dengan kandungan vitamin B, Anda dapat menambah nafsu dan selera makan Anda. Dengan mengonsumsi air rebusan daun saga, anak-anak yang susah makan bisa memiliki nafsu makan kembali, sehingga kebutuhan gizinya bisa terpenuhi

Mengatasi batuk, pilek, dan demam

Daun saga memiliki sifat antitusif yang dapat membantu meredakan batuk dengan cara menghambat daerah koordinasi bagian batang otak dan mengubah refleks batuk.

Selain itu, daun saga mengandung ekspektoran yang mampu menghilangkan dahak. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun saga atau juga membuat teh dari daun tersebut.

Baca juga: Tujuh Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan

Mengatasi sakit tenggorokan

Umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi dari bakteri streptococcus. Bakteri tersebut akan mengganggu fungsi amandel dan tenggorokan. Daun saga dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Melawan bakteri jahat

Daun saga diketahui memiliki kandungan senyawa saponin. Senyawa tersebut pada kadar 0,09% berkhasiat sebagai antibakteri.

Dalam daun saga, senyawa saponin didapati berada di kisaran angka 1,19%. Ini berarti telah melewati batas minimum dan positif dapat dikatakan sebagai antibakteri.

Itulah beberapa manfaat daun saga untuk kesehatan. Semoga bermanfaat! (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat