visitaaponce.com

Ini Manfaat Daun Salam Jika Direbus dan Diminum Tiap Hari

Ini Manfaat Daun Salam Jika Direbus dan Diminum Tiap Hari
Petugas menyortir daun salam di Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) Pekalongan, Jawa Tengah.(ANTARA/Harviyan Perdana Putra)

ANDA tentu tidak asing lagi dengan daun salam. Selain sebagai bumbu penyedap, daun salam ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan

Daun salam ternyata mengandung vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid. Kandungan inilah yang membuat daun salam memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Seperti kebanyakan tumbuhan, selain digunakan untuk memberi rasa makanan, daun salam juga telah lama digunakan untuk diseduh dan dinikmati sebagai teh atau diminum air rebusannya.

Baca juga : Cara Merebus Daun Salam untuk Obat Kolesterol dan Asam Urat

Manfaat Daun Salam

Rebusan daun salam bermanfaat bagi tubuh dengan caranya yang unik. Yuk kita cek manfaat rebusan daun salam.

1. Memperbaiki saluran pencernaan 

Daun salam memiliki kandungan enzim dengan protein yang tersedia di dalamnya dan dapat memberikan rasa nyaman untuk mereka menjalani program diet nonvegetarian. 

Oleh karena itu, mereka yang mengalami masalah pencernaan disarankan mengonsumsi air rebusan daun salam. Air rebusan daun salam bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti perut yang kembung, mulas, tidak teratur buang air besar, sembelit.

Baca juga : Mampu Lawan Bakteri dan Virus, Inilah 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan!

2. Obat herbal untuk asam urat 

Air rebusan daun salam dapat mengatasi mereka yang memiliki masalah asam urat. 

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Mereka yang menderita asam urat sering kali merasakan nyeri yang membuat aktivitas menjadi terganggu. 

Kandungan asam urat yang tinggi membuat rasa nyeri tersebut terasa sangat menyakitnya. Untuk mengobati penyakit ini bisa menggunakan daun salam.

Baca juga : Daftar Rebusan Air Penurun Zat Lilin dalam Darah

3. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol 

Manfaat daun salam lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kandungan flavonoid yang cukup tinggi dalam daun salam mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan Quercetin yang ada di dalam tanaman rempah ini juga mampu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

4. Menyembuhkan peradangan di lambung 

Manfaat lain dari daun salam yaitu bisa menyembuhkan peradangan lambung. Peradangan yang terjadi di lambung bisa menyebabkan gangguan lain pada saluran pencernaan. 

Selain itu, lambung yang meradang juga bisa membuat siapa saja yang menderitanya merasa tidak nyaman.

Baca juga : 5 Doa Sesudah Makan beserta Adab yang Dicontohkan Rasul

manfaat rebusan daun salam

5. Kesehatan jantung

Asam caffeic merupakan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam. Senyawa itu berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

6. Meredakan stres

Manfaat daun salam berikutnya yakni kaya akan linalool. Senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan sebagai aromaterapi.  Kelebihan hormon stres bisa berbahaya bagi kesehatan jangka panjang, sehingga manfaat daun salam dapat membantu Anda tenang dan tetap rileks bahkan di saat-saat kecemasan sedang melonjak. 

Baca juga : Jaga Kesehatan dengan Banyak Bergerak Meski Sedang Sibuk

7. Menurunkan kadar gula darah penyebab diabetes 

Daun salam ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula penyebab diabates. Manfaat daun salam untuk kesehatan ini karena memiliki kandungan flasvonoid yang mampu menurunkan kadar gula dengan cepat. 

Anda bisa meracikanya di tambah dengan bahan alami lain seperti kumis kucing. Rebus kedua bahan tersebut lalu minum air hasil rebusannya.

8. Kekebalan tubuh

Air rebusan daun salam juga dipercaya mengandungan berbagai vitamin B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Adanya vitamin C di dalam air rebusan tersebut ampuh dalam melawan radikal bebas. 

Baca juga : PT Perkebunan Nusantara III Serahkan Bantuan Ambulans untuk Yayasan Al-Madinah

Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh pun akan baik dan membuat orang tidak mudah terserang penyakit.

Cara Merebus Daun Salam

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda cukup mengambil 10 hingga 15 daun salam yang segar. Setelah itu, rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja dan minum secara teratur.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh yang bisa kita manfaatkan.

Baca juga : Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan Tubuh

Efek Samping Daun Salam

Manfaat daun salam telah diterangkan di atas, namun daun salam juga berisiko menimbulkan efek samping. Inilah beberapa efek samping daun salam:

  • Gangguan saluran pencernaan
  • Radang akut pada saluran pencernaan
  • Reaksi alergi
  • Infeksi kulit
  • Asma
  • Sesak napas

Untuk bisa mendapatkan khasiat daun salam secara optimal, Anda tidak diperkenankan mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan! (OL-1)

Baca juga : Beberapa Anggota KPPS Meninggal Dunia Akibat Kelelahan, IDI Imbau Pentingnya Akses Kesehatan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat