visitaaponce.com

Mampu Lawan Bakteri dan Virus, Inilah 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Mampu Lawan Bakteri dan Virus, Inilah 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan!
Ilustrasi manfaat daun salam untuk kesehatan(Freepik)

Terdapat beragam manfaat daun salam untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Syzygium polyanthum ini memiliki kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk mendukung terjaganya kesehatan tubuh.

Beberapa senyawa yang ada dalam daun salam di antaranya tanin, eugenol, myrcene, linalool, flavonoid, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, potasium, dan lainnya.

Tak heran jika daun salam telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Selain dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa masakan, beberapa negara juga memanfaatkan daun salam sebagai ramuan herbal, di antaranya India, Tiongkok, dan negara-negara Asia lainnya termasuk Indonesia.

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang cukup terkenal di antaranya sebagai ramuan antiinflamasi, antimikroba, relaksan, membantu mengatasi masalah pencernaan, membantu melawan radikal bebas, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi selengkapnya terkait khasiat daun salam, pastikan kamu menyimak artikel ini sampai habis.

Baca juga: Cara Merebus Daun Salam untuk Obat Kolesterol dan Asam Urat

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun salam sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pasalnya, daun salam mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin A, dan vitamin C yang dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Kandungan zinc yang terdapat dalam daun salam juga dipercaya untuk melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh dan berpotensi mengancam kesehatan.

Air rebusan daun salam yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu memperkuat imunitas tubuh dengan cara alami.

2. Meredakan Diare

Diare biasanya terjadi karena adanya infeksi bakteri di usus besar. Beberapa gejala yang mungkin muncul seperti nyeri, kram perut, kembung, hingga rasa mual.

Selain menggunakan obat yang dijual di pasaran, kamu juga bisa meredakan diare dengan mengonsumsi air rebusan daun salam.

Beberapa kandungan senyawa di dalam daun salam dipercaya memiliki efek farmakologis antijamur dan antibakteri, sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit diare.

Tanaman herbal ini juga dapat mendukung proses penyerapan asupan nutrisi di dalam tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Ketahui Cara Mengolah dan Efek Sampingnya!

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat daun salam untuk kesehatan pencernaan lainnya yaitu bisa mencegah pembentukan batu ginjal.

Salah satu penyebab batu ginjal yaitu adanya ketidakseimbangan jumlah enzim urease dalam tubuh. Produksi enzim urease yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan di dalam rongga perut.

Kandungan zat di dalam daun salam memiliki sifat yang dipercaya mampu mengurangi jumlah produksi enzim tersebut, dan berpotensi menjaga kesehatan ginjal.

Meskipun demikian, manfaat daun salam untuk kesehatan ginjal ini masih perlu diteliti lagi secara lebih lanjut.

4. Mengelola Kadar Gula Darah

Daun salam mengandung komponen flavonoid dan polifenol yang dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Beberapa hasil penelitian menyimpulkan bahwa daun salam baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Salah satunya penelitan yang ada dalam jurnal Clinical Biochemistry Nutrition.

Dalam jurnal tersebut, disimpulkan bahwa 1 sampai 3 gram daun salam dapat meningkatkan fungsi insulin bagi penderita diabetes tipe-2. Hasil tersebut dapat terlihat apabila mengonsumsi daun salam secara rutin selama 30 hari.

Baca juga: Daftar Rebusan Air Penurun Zat Lilin dalam Darah

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain menggunakan obat modern, kamu juga bisa menyembuhkan luka secara alami menggunakan daun salam. 

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun salam juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Hal tersebut dikarenakan flavonoid memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, antibiotik, dan antibakteri.

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang satu ini bisa didapatkan dengan menghaluskan daun salam dan mengoleskannya pada bagian kulit yang luka.

6. Meredakan Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk seringkali menimbulkan bekas dan rasa gatal pada permukaan kulit.

Namun, efek tersebut dapat diredakan secara alami menggunakan campuran minyak dan daun salam yang ditumbuk, kemudian dioleskan ke kulit.

Kandungan asam laurat yang terdapat dalam tanaman herbal ini dipercaya mampu melindungi permukaan kulit dari gangguan nyamuk ataupun serangga lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan beberapa lembar daun salam di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk dan serangga.

Baca juga: 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Beserta Cara Pakai dan Efek Sampingnya

7. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi pengeroposan tulang dimana tulang menjadi lemah dan rentan patah, akibat berkurangnya kepadatan tulang. 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tanaman herbal yang sering dijadikan bumbu dapur ini dapat mencegah osteoporosis.

Daun salam memiliki kandungan berbagai mineral yang baik untuk kesehatan tulang, seperti magnesium, kalsium, dan fosfor yang dikenal dapat menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Selain itu magnesium dalam daun salam juga dipercaya mampu mengelola fungsi saraf dan otot dalam tubuh agar berjalan normal.

8. Menurunkan Kolesterol

Gaya hidup yang kurang sehat berpotensi meningkatkan kolesterol yang dapat menimbulkan efek berkepanjangan seperti komplikasi penyakit.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat serta mengonsumsi minuman dan makanan yang tidak menyebabkan kolesterol berlebih.

Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol yaitu dengan mengonsumsi daun salam secara rutin.

Selain memiliki aroma yang sedap, daun salam juga diperkaya dengan berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti flavonoid, serat, dan berbagai vitamin.

Dalam AIP Conference Proceedings disebutkan bahwa kandungan flavonoid dalam daun salam memiliki sifat antioksidan, sehingga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang stabil juga dapat mencegah munculnya hipertensi dan menjaga kesehatan jantung.

baca juga: Mengenal 13 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Beberapa orang juga mempercayai manfaat daun salam untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Kandungan vitamin B yang terdapat dalam daun salam dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

Rebusan daun salam dapat menjadi bahan alami untuk mempercepat pertumbuhan rambut serta dapat mengatasi kulit kepala yang kering, gatal, dan berketombe. 

10. Mencegah Kanker

Salah satu penyebab munculnya sel kanker antara lain karena adanya tumpukan radikal bebas dalam tubuh.

Perubahan gaya hidup seperti berolahraga serta mengonsumsi buah dan sayur yang diperkaya antioksidan dipercaya mampu menangkal radikal bebas.

Daun salam memiliki berbagai kandungan zat dan senyawa yang memiliki sifat antioksidan.

Hal ini membuat daun salam berkhasiat untuk mengurangi radikal bebas yang dapat memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Catat!

Itulah berbagai manfaat daun salam untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

Manfaat daun salam untuk kesehatan memang sangat beragam dan telah dikenal sejak lama dalam berbagai budaya, terutama di Asia.

Selain ditambahkan sebagai bumbu masak, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan ekstrak daun salam. Salah satu yang paling populer adalah mengonsumsi suplemen ataupun rebusan daun salam secara rutin.

Untuk membuat rebusan daun salam sangat mudah. Cukup rebus tiga gelas air bersama dengan 10 sampai 15 lembar daun salam segar. Jika airnya sudah mendidih dan berkurang setengahnya, matikan api dan saring air rebusan tersebut.

Meski manfaat daun salam untuk kesehatan cukup banyak, ada pula beberapa efek samping yang mungkin muncul apabila dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya seperti interaksi dengan obat tertentu, reaksi alergi, gangguan pencernaan, hingga sesak napas.

Dengan begitu, demi mendapatkan manfaat daun salam secara aman, ada baiknya melakukan konsultasi ke dokter profesional terlebih dahulu. Apalagi jika memiliki penyakit tertentu.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat