visitaaponce.com

6 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Kaya akan Vitamin C dan Serat

6 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Kaya akan Vitamin C dan Serat
Ilustrasi manfaat nanas untuk kesehatan(Freepik/jcomp)

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, manfaat nanas untuk kesehatan pun beragam. Buah tropis yang satu ini dikenal kaya akan berbagai nutrisi di dalamnya.

Nanas sering digunakan dalam berbagai masakan dan minuman, baik dipotong-potong sebagai buah utuh, sebagai bahan dalam smoothie, jus, sirup, salad buah, atau hidangan penutup. 

Nanas juga telah menjadi salah satu pilihan dalam pemeliharaan kesehatan dan pengobatan tradisional selama berabad-abad. 

Baca juga : Rimpang Ajaib, 9 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Seni Mengolahnya

Buah tropis dengan nama latin Ananas comosus ini konon berasal dari Amerika Selatan, khususnya wilayah Paraguay, Brasil, dan Argentina. Penyebaran nanas kemudian meluas ke seluruh wilayah tropis di dunia, termasuk Indonesia, yang memiliki suhu yang hangat hampir sepanjang tahun dan  curah hujan yang cukup.

Buah tropis ini memiliki daging buah yang berwarna kuning keemasan dengan rasa manis dan segar.

Nanas mengandung vitamin C yang tinggi, serat, serta enzim bromelain yang dapat membantu dalam proses pencernaan. Ada pula kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B, vitamin A, vitamin K, serat, mangan, thiamin, folat, kalium, asam pantotenat, riboflavin, zinc, kalsium, fosfor, dan lainnya.

Baca juga : Mampu Lawan Bakteri dan Virus, Inilah 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan!

Kandungan air yang tinggi dalam nanas juga membuatnya menjadi buah yang menyegarkan dan dapat membantu memelihara tubuh agar tetap memiliki jumlah cairan yang cukup.

Dengan kandungan nutrisi yang beragam, masih banyak manfaat Ananas comosus untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat nanas untuk kesehatan.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah nanas mengandung tingkat vitamin C alami yang tinggi. Vitamin C sendiri merupakan salah satu antioksidan kuat yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, melawan peradangan, hingga memelihara kesehatan kulit.

Baca juga : 8 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Ketahui Cara Mengolah dan Efek Sampingnya!

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa konsumsi nanas dapat mengurangi risiko terkena infeksi virus dan bakteri. 

Bahkan, anak-anak yang mengonsumsi nanas secara teratur dilaporkan memiliki tingkat sel darah putih yang lebih tinggi, sehingga mereka memiliki imunitas tubuh yang lebih tinggi dan mampu melawan berbagai penyakit. 

Vitamin C yang terkandung dalam nanas juga dapat melindungi tubuh dari risiko terkena flu dan batuk.

Baca juga : Inilah 10 Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Catat!

2. Menjaga kesehatan tulang

Selain dikaitkan dengan imunitas tubuh, manfaat nanas untuk kesehatan tulang juga disebabkan adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah tropis tersebut.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bone and Mineral Research, vitamin C diakui sebagai nutrisi kunci yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Vitamin C ini telah terbukti memiliki peran yang signifikan dalam merangsang produksi osteoblas, sel yang memiliki fungsi untuk membentuk jaringan tulang.

Baca juga : Atasi Nyeri Sendi hingga Pegal Linu dengan Minyak Balur

Selain itu, vitamin C juga dapat memelihara sel-sel tulang dari fraktur atau kerusakan yang mungkin terjadi, termasuk mengurangi risiko osteoporosis.

Kandungan vitamin C dalam nanas juga dapat mendukung proses pembentukan kolagen, yang esensial untuk struktur tulang dan jaringan ikat.

Nanas juga mengandung sejumlah mineral penting. Salah satunya yaitu mangan, yang dibutuhkan untuk pemeliharaan dan pertumbuhan tulang yang sehat.

Baca juga : Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi

Mengonsumsi buah nanas dengan menambahkannya dalam pola makan yang seimbang dapat membantu memelihara kesehatan tulang secara keseluruhan.

3. Menurunkan berat badan

Jika kamu berencana mengurangi berat badan, cobalah untuk mengonsumsi nanas sebagai salah satu menu diet harian.

Buah nanas cukup kaya akan serat, yang akan membantu kamu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih panjang. Meski demikian, buah tropis ini dikenal rendah kalori, sehingga cocok untuk mengurangi asupan kalori berlebih.

Baca juga : Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa nanas dapat mendorong proses pemecahan lemak dalam tubuh.

Dengan begitu, mengonsumsi nanas secara rutin dapat membantu meningkatkan efektivitas diet yang kamu jalani.

4. Melancarkan pencernaan

Nanas telah lama diakui memiliki peran penting dalam memperbaiki pencernaan dan meredakan masalah sembelit.

Baca juga : Ini Manfaat Melakukan Bekam Bagi Kesehatan

Air dan serat alami dalam nanas dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, memudahkan proses buang air besar (BAB), dan mendukung pergerakan usus yang sehat.

Kandungan air yang melimpah bisa membantu mempertahankan tingkat hidrasi tubuh agar stabil dan tercukupi. Hal ini sangat penting untuk kesehatan pencernaan yang optimal.

Manfaat nanas dalam meredakan sembelit tidak hanya berasal dari kandungan air dan seratnya yang tinggi, tetapi juga dari kandungan enzim bromelain yang terdapat dalam buah ini.

Baca juga : Habbatusauda Redakan Gejala Batuk dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Enzim Bromelain memang dikenal memiliki peran penting dalam mewujudkan manfaat nanas untuk kesehatan pencernaan. Enzim ini dipercaya dapat melancarkan pencernaan dengan memecah protein, sehingga mengurangi risiko terjadinya gangguan pencernaan seperti perut kembung atau rasa tidak nyaman setelah makan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Ternyata, nanas juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam merawat kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Manfaat nanas untuk kesehatan kulit dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas, yang memiliki peran untuk mendorong pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein penting dalam kulit yang mempertahankan kekenyalan dan elastisitasnya.

Baca juga : Habbatusauda, Herbal Kaya Manfaat untuk Beragam Kebutuhan

Dengan mempertahankan produksi kolagen yang optimal, nanas dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan terhindar dari munculnya kerutan.

Penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan ekstrak nanas dapat memberikan manfaat tambahan bagi kulit, seperti menjadikan warna kulit lebih merata, menyamarkan noda hitam, hingga memberikan efek pencerahan pada kulit.

Mengonsumsi nanas secara rutin juga dapat memberikan manfaat bagi kulit dari dalam, yaitu sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Baca juga : Tips Mengatasi Luka Iritasi setelah Bercukur

6. Meredakan peradangan

Bromelain dalam nanas telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh, termasuk radang tenggorokan, radang usus, gejala arthritis dan kondisi inflamasi lainnya.

Selain itu, manfaat nanas untuk kesehatan lainnya yaitu dapat mempercepat proses pemulihan setelah operasi atau aktivitas olahraga yang intens.

Nanas dipercaya dapat membantu dalam menggantikan simpanan karbohidrat setelah berolahraga. Enzim bromelain dalam nanas juga diyakini dapat memulihkan otot secara lebih cepat setelah melakukan olahraga berat. Bromelain juga berperan dalam mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang mengalami kerusakan.

Baca juga : Mengenal Terapi Bekam, Pengobatan Tradisional Berusia Ribuan Tahun

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah The Journal of The Pakistan Medical Association juga menyebutkan bahwa enzim bromelain dalam nanas memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan, memar, pembengkakan, dan rasa nyeri yang umum terjadi setelah menjalani prosedur operasi, termasuk operasi kulit atau gigi.

Itulah beberapa manfaat nanas untuk kesehatan tubuh.

Dengan kombinasi rasa manis dan segar serta kandungan nutrisinya yang bermanfaat, buah nanas merupakan pilihan yang baik untuk dinikmati sebagai menu diet sehat dan gaya hidup yang seimbang.

Baca juga : Ayo Kenali Tujuh Manfaat Daun Sungkai

Seperti yang telah disebutkan, mengonsumsi buah nanas dapat meningkatkan imunitas, meredakan beberapa penyakit, dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Agar mendapatkan manfaat nanas untuk kesehatan, buah tropis ini sangat populer untuk dijadikan campuran smoothie, karena memiliki rasa yang  segar dan lezat.

Untuk membuat smoothie nanas yang lebih sehat, kamu dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti bayam, kale, atau chia seed untuk meningkatkan kandungan nutrisinya. 

Baca juga : Inilah Berbagai Manfaat Daun Pandan

Pada dasarnya, nanas sudah mengandung gula alami yang terbilang cukup. Untuk itu, sebaiknya hindari menambahkan gula yang berlebihan untuk menjaga tingkat gula darah tetap stabil.

Sebagai penggantinya, kamu bisa menambahkan madu apabila olahan smoothie dirasa kurang manis.

Selain minuman, buah nanas juga kerap digunakan sebagai campuran dalam berbagai hidangan, termasuk hidangan gurih seperti saus dan masakan Asia lainnya.

Baca juga : IPB: Racikan Sidaguri, Seledri dan Tempuyung Ampuh Obati Asam Urat

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami sepenuhnya khasiat dari berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah nanas.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat