visitaaponce.com

Inilah Berbagai Manfaat Daun Pandan

Inilah Berbagai Manfaat Daun Pandan
Warga membuat kulit ketupat berbahan daun pandan di Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.(ANTARA/Abriawan Abhe)

SIAPA yang tidak kenal dengan daun pandan? Yak, daun yang satu ini memiliki ciri khas aroma yang harum dan wangi. Biasanya daun ini dimanfaatkan untuk memasak makanan seperti kolak, bolu, bahkan daun pandan sering kali  dimasak bersama nasi. Hal itu karena daun pandan memberikan wangi yang khas di setiap makakanan.

Baca juga: IDI Rayakan Perjalanan 71 Tahun Dedikasi pada Bangsa

Namun, siapa sangka daun pandan ternyata memiliki banyak manfaatnya. Inilah beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Daun panda diklaim bisa menurunkan tekanan darah, Caranya dengan meminum rebusan daun tersebut.

Caranya, rebus daun pandan sebanyak 10 gram dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan ini dua kali sehari untuk membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. 

2. Mengatasi rematik 

Rematik bisa jadi keluhan yang menyebabkan orang merasakan nyeri sendi hingga sulit beraktivitas.

Untuk mendapatkan manfaat daun pandan, Anda bisa melakukannya dengan memotong tiga lembar daun pandan dan masukkan ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah dingin, oleskan pada bagian sendi yang terasa sakit.

3. Menurunkan kolestrol 

Terdapat penelitian yang mencoba membuktikan daun pandan bisa menurunkan kadar kolesterol. Hasilnya, kandungan yang ada pada daun pandan yaitu tannin, dapat mengikat asam empedu pada usus kemudian terbuang melalui kotoran.

Lalu, ada juga kandungan fenol di dalam daun pandan untuk menghambat oksidasi LDL yang pada akhirnya menurunkan kecenderungan kelebihan kolesterol.

4. Terapi kanker 

Dalam kandungan daun pandan terdapat efek antimiotic, antiproliferative, dan apoptotic yang bagus untuk terapi kanker. 

Caranya dengan mengonsumsi  teh pandan 2 kali sehari yang dapat melawan racun dan menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab kanker. 

5. Membantu detoksifikasi 

Detoksifikasi adalah hal yang penting. Radikal bebas dalam tubuh harus dilawan agar tidak mengundang penyakit. 

Anda bisa memanfaatkan daun pandan untuk membantu proses detoksifikasi. Mengonsumsi air rebusan daun pandan bisa membantu tubuh dan hati terhindar dari zat beracun.

Bagaimana? Menarik bukan? Jika kamu mengalami keluhan tersebut, kamu dapat mencoba tips mengolah daun pandan dan lakukan secara rutin ya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat