visitaaponce.com

Distribusi Dokter Spesialis Bisa Diselesaikan Lebih Dulu

Distribusi Dokter Spesialis Bisa Diselesaikan Lebih Dulu
Ilustrasi RUU Kesehatan(MI/Seno )

PERMASALAHAN pemerataan dokter spesialis bisa diatasi dengan produksi dan distribusi. Namun yang paling dekat saat ini untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah perihal distribusi.

Saat ini terdapat 21 penyelenggara prodi spesialis dari 92 fakultas kedokteran yang bisa menciptakan 2.700 lulusan spesialis per tahun. Namun kalau dihitung lulusan dokter per tahun dan jumlah kekurangan dokter spesialis, maka butuh waktu 10 tahun lebih untuk mengatasi kekurangan dokter spesialis di Indonesia.

Perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Saraf Indonesia (PERSPEBSI) dr Bair Ginting mengatakan produksi dokter spesialis membutuhkan waktu yang panjang, seharusnya pemerintah bisa melakukan perbaikan di distribusi terlebih dahulu.

Baca juga: Minim Dokter Spesialis di Timur Indonesia

"Poin distribusi bagaimana kita bisa menata ulang supaya dokter di Indonesia paling tidak bisa merata dibandingkan sekarang. Seperti dokter bedah saraf di Indonesia jumlahnya 460 orang dan seperempatnya ada di Jakarta," kata Bair dalam Sosialisasi RUU Kesehatan di Gran Melia, Jakarta Selatan, Rabu (29/3).

Banyak dokter spesialis yang memilih untuk berpraktik di Ibu Kota karena dinilai lebih nyaman untuk ditinggali dan lebih mudah mendapatkan pasien.

Baca juga: RUU Kesehatan Masuk Tahap Sosialisasi

"Mereka memilih Jakarta karena 'madu' ada di Jakarta artinya uangnya ada di Jakarta. Kenapa kita tidak membuat pos-pos madu di daerah lain," ujarnya.

Ia mengatakan beberapa dokter bedah saraf masih sulit kesejahteraan dan tercapai sarana dan prasarana yang tidak terpenuhi. Sehingga bisa kejar dulu distribusi dokter spesialis ke daerah.

"Saya yakin dokter Indonesia masih bisa ditempatkan di daerah-daerah, sehingga apa yang dikatakan menteri kesehatan," pungkasnya. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat