visitaaponce.com

Pecinta Alam, Wajib Kunjungi Tempat-Tempat Ini di Semarang

Pecinta Alam, Wajib Kunjungi Tempat-Tempat Ini di Semarang
Candi Gedong Songo menjadi salah satu wisata alam andalan dari Semarang.(MI/Akhmad Safuan)

BERKUNJUNG ke Semarang jangan lupa untuk berwisata. Kota berbesar ke-5 di Indonesia menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik loh. Walau tidak seterkenal kota-kota wisata lainnya. 

Siapa sangka, Semarang menyimpan beragam wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Simak yuk.

1. Rawa Pening


Baca juga: Berikut Daftar Kuliner di Semarang Legendaris, Kelezatannya Lintas Generasi

Rawa pening ini sangat cocok bagi kamu  yang ingin menyegarkan pikiran setelah merasa jenuh dengan aktivitas sehari-hari yang padat. Danau alami dekat daerah Ambarawa ini sudah eksis sejak dahulu. Danau ini menyuguhkan suasana alam yang begitu asri dan menenangkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Rawa Pening adalah pada saat langit sedang cerah, karena kamu bisa menikmati pemandangan dari Gunung Merbabu dan Ungaran yang mempesona.

2. Pantai Maron

Baca juga: Terapkan Bisnis Digital, Santri Sukses Naikkan Omzet Usaha Keluarga

Semarang merupakan salah satu kota metropolitan, namun di kota ini kamu juga bisa menemukan wisata pantai yang tak kalah indah, dari pantai-pantai lainnya yang tersebar di Indonesia. Pantai Maron menghadirkan pemandangan unik yang dihiasi dengan tambak-tambak milik warga yang berjejer.

Selain bisa menikmati udara khas pantai dengan ditemani suara ombak, kamu juga akan menikmati pemandangan pesona alam bahkan ketika sedang dalam perjalanan menuju destinasi wisata alam di Semarang ini.

3.  Umbul Sidomukti

Dok. Pinterest

Bagi kamu yang ingin sekedar bersantai sambil menikmati suasana sejuk khas pegunungan, maka kamu wajib mengunjungi tempat yang satu ini! Umbul Sidomukti merupakan resort dan wisata alam yang menyajikan pemandangan hijau pegunungan berpadu dengan langit biru nan luas serta panorama indah dari Rawa Pening. Suasananya wisata alam di Semarang yang tenang dan menyejukkan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menyegarkan pikiran dan melepas penat.

4. Candi Gedong Songo

dok.Pinterest

Candi Gedong Songo di Kabupaten Semarang merupakan salah satu peninggalan sejarah yang memiliki daya tarik tersendiri. Kompleks bangunan peninggalan sejarah Agama Hindu ini sangat populer di Jawa Tengah. Candi di sini merupakan tertua di Indonesia, bahkan lebih tua daripada Candi Borobudur dan Prambanan. Tidak hanya candinya, pemandangan di kaki Gunung Unggaran ini sangat cantik.

5.  Brown Canyon

dok. Pinterest

Di pinggiran Kota Semarang ada wisata yang unik. Brown Canyon, kawasan ini merupakan perbukitan bekas tambang yang ditinggalkan. Banyak orang yang menilai bukit yang terkikis ini mirip Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Sebenarnya, wisata ini bukan tempat wisata resmi yang disediakan Pemerintah Daerah. Namun wisatawan menyukai ke sini untuk berburu foto dengan latar tebing. 

6. Taman Bunga Celosia

dok. Pinterest

Belakangan ini, taman bunga telah menjadi salah satu lokasi wisata yang cukup populer. Di Semarang, kamu bisa menemukan taman bunga yang menawarkan suasana modern tanpa meninggalkan keasrian dan kesan alaminya, yaitu Taman Bunga Celosia. Destinasi wisata alam yang ini memiliki begitu banyak spot foto yang Instagramable, cocok untuk kamu yang hobi fotografi. Dulunya taman ini hanya berisi bunga-bunga cantik berwarna-warni. Namun kini, Taman Bunga Celosia juga dilengkapi dengan berbagai miniatur ala Eropa yang menambah kesan modernnya.

7. Gardu Pandang Lereng Kelir

Mau melihat pemandangan kota Ambarawa dan Semarang selatan, coba datang ke Lereng Kelir di Dusun Gertas, Desa Brongkol, sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Semarang. Untuk mencapai Gardu Pandang ini, pengunjung harus trekking ringan selama 1.5 jam.

8. Pantai Tirang

Wisata alam di Semarang yang satu ini terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Maron. Dahulunya di dekat pantai ini ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Tirang yang cukup terkenal dikalangan penduduk kota Semarang karena keindahan alamnya. Sayangnya Pulau Tirang mengalami pengikisan tanah dan abrasi sehingga lama kelamaan menghilang.

Spot wisata satu ini terkenal sebagai destinasi memancing. Pengunjung yang datang cukup membayar tiket seharga Rp5.000

9. Gunung Ungaran

Pecinta hiking pemula bisa menjajal kemampuannya di gunung dengan ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut. Di gunung ini juga tersedia basecamp untuk spot perkemahan para pendaki. Di puncak gunung, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing Sindoro, dan Prau.

10. Wana Wisata Penggaron

Wisata alam di Semarang yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang ingin melepas penat dari kesibukan kehidupan kota. Menariknya, Wana Wisata Penggaron katanya akan digarap sebagai Taman Safarinya Jawa Tengah, dilengkapi dengan aneka fauna dari dalam maupun luar negeri. Untuk mencapai Wana Wisata Penggaron, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari kota Semarang.

11. Gumuk Reco

Kawasan satu ini tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan tebing dan pepohonan. Namun menyimpan kisah sejarah yang menarik. Konon Gumuk Reco di daerah Banyubiru ini adalah tebing peninggalan kerajaan Majapahit yang belum selesai dipahat, sehingga kita bisa menemukan beberapa tebing yang terlihat lebih rapi. Pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 80 menit dari Kota Semarang untuk mencapai Gumuk Reco. Jangan lupa membayar harga tiket masuk seharga Rp10.000.

12. Bantir Hills

Tempat wisata satu ini dikelola masyarakat setempat dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokadarwis). Begitu sampai di puncak, terdapat banyak spot untuk selfie dan vantage point untuk melihat pemandangan kota Semarang. Untuk mencapai Bantir Hills, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam 30 menit dari Kota Semarang ke Desa Losari. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat