visitaaponce.com

Jumlah Peserta Ibadah Haji 2023 Didominasi oleh Jemaah LansiaTanpa Pendamping

Jumlah Peserta Ibadah Haji 2023 Didominasi oleh Jemaah Lansia Tanpa Pendamping 
Menabung Sampai Usia 93 Tahun, Akhirnya Kadar bisa Naik Haji(MI / Supardji Rasban)

PENYELENGGARAAN ibadah haji 1444 H/2023 berada dalam kondisi rentan dengan sepertiga jemaah haji tergolong lanjut usia (lansia). Mereka sangat mungkin tanpa pendamping lantaran tidak adanya kuota untuk pendamping.

"Karena tahun ini konon petugas pendamping belum ada kepastian. Karena kuota untuk pendamping sudah digunakan untuk lansia. ini tantangan, lansia nya banyak, pendampingnya tidak ada," tutur Kepala Bidang Jemaah Haji Lansia dan Disabilitas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2023 Arab Saudi Slamet saat memberi arahan dalam Bimbingan Teknis PPIH 1444 H/2023 M, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (10/4).

Slamet membeberkan profil jemaah calon haji Indonesia tahun ini merupakan yang terbanyak diikuti jemaah lansia. Jumlahnya sebanyak 66.943 orang.

Kelompok usia 65-74 tahun tercatat mendominasi 68,4% sebanyak 45.796 atau mencakup 68,4%. Kelompok usia 75-84 tahun 12.912 jemaah (19,3%), 85-94 tahun 7.680 jemaah (11,5%), dan 95 tahun ke atas sebanyak 555 (0,8%).

Baca juga : Cara Petugas Membujuk Jemaah Haji yang Tolak Ikut Rombongan 

Menurut Slamet, penyelenggaraan haji Indonesia sudah ramah lansia. Meski begitu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mencanangkan tahun ini haji ramah lansia karena presentasinya yang besar dari keseluruhan kuota haji 221 ribu jemaah.

Tahun ini menjadi momentum meletakkan dasar-dasar pelayanan lansia yang kuat untuk mengantisipasi penyelenggaraan tahun-tahun berikutnya. Mereka akan selalu mendapat prioritas dalam kuota haji.

Baca juga : Ini Sederet Alasan Mengapa Jemaah Haji Perlu Taati Jadwal Rute Perjalanan Haji

"Grafik lansia naik terus, kecuali 2022. Ke depan ini akan terus meningkat.Artinya suatu saat jemaah haji kita semuanya lansia," tutur Slamet.

Dengan pencanangan tahun lansia, struktur organisasi PPIH Arab Saudi tahun ini ditambah bidang layanan jemaah lansia dan disabilitas. Slamet menekankan itu bukan berarti petugas bidang lainnya boleh mengabaikan jemaah lansia. Semua petugas wajib peduli lansia.

Lebih jauh, Slamet mengatakan bimbingan manasik di daerah-daerah harus memuat, menganjurkan, dan membangun kepedulian antarsesama jemaah, khususnya kepada jemaah lansia.

"Petugas tidak akan mampu tangani semua bila tidak ada kepedulian," tandasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat