visitaaponce.com

Ini Sederet Alasan Mengapa Jemaah Haji Perlu Taati Jadwal Rute Perjalanan Haji

Ini Sederet Alasan Mengapa Jemaah Haji Perlu Taati Jadwal Rute Perjalanan Haji
Kepala Seksi Humas Kementerian Agama Khoiron Durori memberi pembekalan kepada petugas Media Center Haji (MCH) 2023, di Asrama Haji, Jakarta(MI / Windy Dyah Indriantari)

PETUGAS Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi harus memastikan semua jemaah calon haji tidak tertinggal dalam tiap mobilisasi jemaah dalam rute perjalanan haji. Mobilisasi yang paling penting yakni saat pemindahan jemaah dari penginapan di Mekkah ke Arafah pada 8 Dzulhijjah untuk persiapan Wukuf.

Kepala Seksi Humas Kementerian Agama Khoiron Durori dalam Bimbingan Teknis PPIH Tugas dan Fungsi Media Center Haji (MCH) Tahun 1444 H/2023 M, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (9/4).

Baca juga : Bakal Ada 5 Hari Tanpa Katering untuk Jemaah Haji Saat di Mekkah

Khoiron mengatakan tidak mudah memastikan jemaah calon haji mematuhi jadwal yang ditentukan. Ia mencontohkan di salah satu hotel penginapan ada yang biasanya khusus untuk jemaah asal Jawa Tengah (Jateng).

"Ada beberapa tower yang menampung sekitar 22 ribu jemaah. Mereka sudah diberikan jadwal, misalnya SOC 7 berangkat pukul sekian. Itu kalau dipatuhi, nyaman sekali buat jemaah," tutur Khoiron.

Baca juga : Jadwal Keberangkatan Haji Tahun 2023, Cek Disini

Meski begitu, banyak jemaah yang turun ke lobi jauh lebih awal dari jadwal pemberangkatan. Mereka lantas mengeluh menunggu lama untuk diberangkatkan. Selain itu, suasana lobi menjadi terlampau ramai oleh jemaah.

"Mestinya kalau jadwal berangkatnya pukul 5, mandi-mandinya pukul 3. Nanti jam setengah 5 baru turun ke lobi," ujar Khoiron.

Ia menekankan jemaah perlu diberi pemahaman tentang mematuhi jadwal. Itu menjadi ranah petugas haji. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat