visitaaponce.com

4 Golongan yang Sangat Dirindukan Surga

4 Golongan yang Sangat Dirindukan Surga
Ilustrasi(Pexels)

TERDAPAT beberapa golongan yang sangat dirindukan oleh surga, salah satunya adalah orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan. Hal itu diketahui dari sebuah hadis.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَالِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ

Artinya: “Surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al-Qur'an, menjaga lisan (ucapan), memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadan.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Baca juga : Merawat Kemabruran Puasa

Ketua Komisi Dakwa Khusus (KDK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Dr KH Masykur Yusuf MA menyebutkan sebuah hadis dari Ibnu Abbas ra mengatakan, ada 4 golongan manusia yang dirindukan oleh surga.

Ia menjelaskan golongan pertama adalah orang-orang yang lisannya senantiasa digunakan untuk membaca kalam Allah SWT setiap waktu dan kesempatan yang ada. Bahkan, saat lapang maupun sempit.Selain dirindukan oleh surga, orang yang rajin membaca Al-Qur'an hatinya juga akan menjadi tenang.

Baca juga : Syekh Abdul Qadir Jailani Rajanya Para Wali, Sudah Berpuasa Sejak Bayi

Golongan kedua merupakan orang yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mencaci-maki, dan menghujat . Golongan ini termasuk orang-orang yang beriman. Disebutkan dalam sebuah hadits Nabi SAW yang berasal dari Abu Hurairah Ra. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir hendaklah dia berkata yang baik, atau diam. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir menghormati tetangganya. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir, maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Golongan ketiga adalah orang yang memberi makan terhadap orang yang kelaparan.

Golongan ini merupakan orang yang senantiasa membantu orang yang membutuhkan. Allah SWT akan membalas kebaikan yang dilakukan oleh hambanya. Bahkan, kelak di hari kiamat Allah swt akan memberikan makan dari buah-buahan surga.Apalagi di bulan puasa ini pahala kita akan dilipatgandakan Allah swt.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Golongan keempat adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadan .Golongan ini adalah orang yang senantiasa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Maka, bersyukurlah bagi mereka yang senantiasa melaksanakan puasa Ramadhan. Kehadiran mereka dirindukan oleh surga.Allah swt juga telah menyediakan pintu surga bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa."

“Marilah kita senantiasa berusaha untuk menjadi orang-orang yang dirindukan surga terutama di bulan Ramadan ini, ” katanya dikutip dari laman MUI.

Demikianlah informasi mengenai empat golongan yang dirindukan surga. Semoga bermanfaat. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat