visitaaponce.com

Jawa Timur dan Jawa Tengah Rawan Kecelakaan selama Mudik Lebaran 2023

Jawa Timur dan Jawa Tengah Rawan Kecelakaan selama Mudik Lebaran 2023
Foto udara perbaikan dan pengaspalan jalan yang rusak di KM 88 Tol Cipali(Dok. MI )

POLRI menyatakan telah memetakan beragam potensi gangguan yang mungkin terjadi selama arus mudik Lebaran 2023, salah satunya pemetaan terkait daerah yang memiliki risiko rawan kecelakaan tinggi.

"Kita tahu bahwa cuaca cerah, arus padat, perjalanan jauh, itu punya resiko kecelakaan tinggi," kata Asops Polri Irjen Agung Setya kepada awak media, Jakarta, Jumat (14/4).

Agung mengatakan, dari hasil pemetaan tersebut terdapat sejumlah daerah yang memiliki angka potensi kecelakaan yang cukup tinggi. Daerah tersebut ialah Provinsi Jawa Timur, disusul Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Baca juga: Korban Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Tol Boyolali Bertambah Dua Orang

"Kita melihat bahwa dengan jumlah kecelakaan yang semakin jauh dari Jakarta artinya perjalanan mudik yang jauh itu punya potensi kecelakaan yang lebih tinggi," sebut Agung.

"Nah ini yang perlu kita antisipasikan yang saudara-saudara kita yang akan melaksanakan mudik kita harapkan bisa memanfaatkan rest area dan istirahat yang cukup. Agar tadi konsentrasi kita dan kewaspadaan kita untuk tidak sampai terjadi kecelakaan bisa dilakukan," tambahnya.

Baca juga: Tol Tangerang-Merak Berlakukan Diskon Tarif 20% Saat Mudik

Lebih lanjut, Agung juga menyebutkan pihaknya akan secara berkala memberikan update kondisi, salah satunya cuaca yang telah bekerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Demikian juga kita terus mengikuti apabila ada informasi terkait dengan potensi gempa bumi atau yang segera kita bisa informasikan," tuturnya. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat