visitaaponce.com

Gratis, Ini 14 Penyakit yang Bisa Diskrining di Puskesmas

Gratis, Ini 14 Penyakit yang Bisa Diskrining di Puskesmas
ilustrasi - masyarakat bisa melakukan skrining 14 penyakit ini di puskesmas secara gratis.(Medcom.id)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengajak masyarakat proaktif mengecek kondisi kesehatannya di puskesmas. Apalagi, ada pembiayaan gratis skrining 14 jenis penyakit melalui Jaminan Kesehatan Nasional.

"Kemungkinan tubuh tetap sehat lebih tinggi dilakukan dengan pencegahan daripada diobati," kata juru bicara Kemenkes M Syahril dalam keterangan tertulis, Minggu (16/4).

Syahril memerinci skrining gratis itu mencakup diabetes melitus, hipertensi, strok, jantung, kanker serviks, kanker payudara, dan tuberkulosis (TB). Kemudian anemia, kanker paru, kanker usus, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Baca juga: Ada Arcturus, Kasus Covid-19 di Indonesia Masih Didominsi Omicron BA.4

"Berikutnya talasemia, hipotiroid kongenital, serta hepatitis," papar dia.

Syahril mengatakan langkah pencegahan tersebut penting dan mudah. Tujuannya guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Baca juga: Tetap Waspada, Kasus Covid-19 Bisa Terus Meningkat

"Kondisi memprihatinkan seseorang karena sejumlah penyakit yang sebenarnya bisa dicegah sering terjadi di berbagai negara," ujar dia.

Syahril mengutip studi ASEAN Cost in Oncology (ACTION) yang menemukan hampir 50% pasien kanker mengalami kebangkrutan atau masalah finansial. Sebab, mereka harus menjalani pengobatan selama 12 bulan.

"Hal ini menunjukkan bahwa dengan dukungan asuransi pun, beban biaya kesehatan yang tidak terencana tetap menjadi tantangan," ucap dia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat