visitaaponce.com

Mudik Aman dan Nyaman, Ini Kiatnya.

BERKUMPUL dengan keluarga di kampung halaman saat lebaran tentunya sangat menyenangkan. Namun diperlukan persiapan matang untuk mudik ke kampung halaman. Apalagi mereka yang melakukan perjalanan jarak jauh, banyak yang harus disiapkan. 

Biar mudik anda aman dan nyaman, dengan tetap memberikan puasa berkualitas selama mudik, simak tips dari Pegipegi berikut.

Berkemas saat malam hari

Baca juga: Awas Jangan Begadang Sebelum dan Saat Mudik

Saat mudik, tentunya anda perlu membawa barang yang tidak sedikit. Belum lagi oleh-oleh untuk keluarga. Karena banyaknya bawaan itu, sebaiknya anda berkemas saat malam hari. Pasalnya anda sudah berbuka puasa dan memiliki tenaga lebih untuk berkemas secara maksimal.

Sahur dengan Menu Sehat 

Baca juga: Mudik Gratis Polri Presisi 2023 Berangkatkan 434 Bus Menuju Empat Provinsi

Pastikan anda sudah santap sahur sebelum melakukan perjalanan. Pasalnya perjalanan mudik membutuhkan energi. Bila anda menggunakan transportasi umum, diperlukan tenaga untuk berjibaku dengan pemudik lain. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan porsi yang cukup agar mempunyai tenaga.

Konsumsi multivitamin

Jangan lupa mengonsumsi multivitamin sebagai cadangan energi saat mudik. Untuk perempuan, sebaiknya memilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi. Sedangkan untuk pria, dapat memilih kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi agar kondisi fisik dalam perjalanan dapat terjaga dengan baik.

Pilih keberangkatan di malam hari

Jika anda menempuh jarak yang cukup panjang, disarankan melakukan perjalanan di malam hari. Perjalanan di malam hari memungkinkan mereka untuk bisa beristirahat secara optimal. Ditambah lagi, orang-orang bebas makan dan minum selama perjalanan sehingga puasa tidak akan terganggu.

Gunakan pakaian yang nyaman

Selama perjalanan, kenakan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan pana. Pakaian yang sedikit longgar akan membuat tubuh bergerak bebas. Jangan lupa membawa jaket atau selimut untuk menghalau hawa dingin dalam transportasi.

Isi penuh daya baterai ponsel 

Pastikan daya baterai ponsel penuh sebelum mudik. Langkah itu untuk memudahkan berkomunikasi selama perjalanan. Gunakan ponsel untuk hal yang penting saja agar baterai lebih hemat.

Bawa camilan dan makanan cadangan

Jika selama perjalanan anda akan bertemu waktu berbuka puasa atau sahur, pastikan membawa makanan cadangan dan camilan. Apalagi bila mudik dengan anak-anak, wajib disediakan. 

Istirahat yang cukup

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya orang-orang menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan setelah di perjalanan yaitu dengan tidur dan makan dengan cukup. (Ant/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat