visitaaponce.com

Arti Mimpi Gigi Copot Bawah dan Atas Menurut Pandangan Islam

Arti Mimpi Gigi Copot Bawah dan Atas Menurut Pandangan Islam
Ilustrasi - Sebagian orang menilai mimpi gigi copot akan ada bencana yang menimpa. Lantas apa arti mimpi gigi copot dalam Islam?(Freepik)

SETIAP orang pasti pernah mengalami mimpi. Mimpi seringkali diartikan sebagai pertanda akan kejadian di masa mendatang. Dalam ajaran Islam mengenal ada dua jenis mimpi, yakni mimpi baik dan mimpi buruk.

Mengutip buku Tafsir Mimpi Islami oleh ust Mahmud Asy Syafrowi I (2018), mimpi yang baik datang dari Allah dan disebut ar-Ru’ya. Sedangkan mimpi buruk dan jahat bersumber dari syaitan dan disebut al-Hulm.

Salah satu mimpi yang kerap mendatangi seseorang ialah mimpi gigi copot, baik bagian atas maupun bawah. Sebagian orang meyakini bahwa mimpi tersebut menandakan adanya bencana yang akan menimpa orang terdekatnya. 

Baca juga: impi Digigit Ular? Ini Artinya Menurut Primbon dan Pandangan Islam

Lantas, apa arti mimpi gigi bawah dan atas copot dalam Islam?

1. Arti Mimpi Gigi Bawah Copot Secara Umum

Baca juga: Obat Kumur Ternyata Tingkatkan 20 Persen Kebersihan Gigi

Secara umum atau secara psikologis, arti mimpi gigi bawah copot bisa menyiratkan adanya kendala yang menghambat seseorang dalam meraih sesuatu yang diinginkannya. Mimpi gigi copot bisa menandakan bisnis atau pekerjaan kalian kurang baik. Kalian akan mengalami kerugian secara drastis hingga bisa menyebabkan kebangkrutan. Selain itu arti mimpi gigi bawah copot juga bisa terjadi saat kita mengalami stres.

Dalam hal ini, stres yang bisa dipicu karena berbagai hal, tidak bereaksi pada kondisi fisik saja, melainkan juga psikis yang dialami melalui mimpi. Selain itu arti mimpi gigi bawah copot juga biasa terjadi saat kalian sedang dalam kondisi bimbang.

2. Arti Mimpi Gigi Bawah Copot Menurut Islam

Mengutip buku Tafsir Mimpi Menurut Al Quran dan As Sunnah oleh Muhammad Ibnu Sirin (2004), dalam Islam gigi ditakwilkan dengan keluarga. Gigi atas diartikan sebagai keluarga laki-laki, sedangkan gigi bawah adalah keluarga perempuan.

Masing-masing bagian gigi tersebut juga memiliki arti yang berbeda-beda. Misalnya, gigi taring diartikan dengan orang yang dituakan dalam keluarga, gigi seri kanan diartikan ayah, dan gigi seri kiri diartikan dengan paman.

Mimpi yang berhubungan dengan gigi sering menjadi pertanda buruk bagi keluarga. Gigi yang bergoyang merupakan pertanda adanya kerabat yang sakit. Jika gigi itu copot atau hilang menandakan kematian anggota keluarga tersebut atau kepergiannya yang tidak akan kembali.

3. Arti Mimpi Gigi Atas Copot Menurut Islam

Dilansir Tafsir Mimpi Menurut Al-Quran & As-Sunnah karya Muhammad Ibnu Sirin, arti mimpi gigi atas copot, yakni pertanda buruk mengenai kehilangan atau kematian anggota keluarga.

Adapun tafsiran mimpi gigi atas copot lebih spesifik adalah sebagai kehilangan atas keluarga lelaki.

سن هي في المنام دالة إلى منتهى الأجل، والسن الذي كتب له، وجميع الأسنان تدل على الأهل والعشيرة والغلمان والبنات من الأولاد.

“Gigi di dalam mimpi menunjukkan 'ujung atau batas ajal' dan umur yang ditetapkan untuknya.

Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukkan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan," ujar Abdul Ghani al-Nabulsi dalam Mu’jam Tafsir al-Ahlam atau Mausu’ah Tafsir al-Ahlam, Ta’thir al-Ahlam fi Tafsir al-Anam, dan Tafsir al-Ahlam. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat