visitaaponce.com

Mimpi Digigit Ular Ini Artinya Menurut Primbon dan Pandangan Islam

Mimpi Digigit Ular? Ini Artinya Menurut Primbon dan Pandangan Islam
Ilustrasi.(ANTARA/MUHAMMAD IQBAL)

MUNGKIN di antara kamu pernah ada yang mimpi digigit ular? Ketika bangun merasa kaget dan kebingungan. 

Mimpi itu bisa saja membuatmu berpikir apakah akan ada hal buruk apa yang terjadi hari ini. Maklum saja, ular dikenal sebagai salah satu hewan buas yang mematikan. Tenang, tidak perlu khawatir berlebihan, bisa jadi ada arti yang tersimpan lainnya. 

Untuk memahami arti mimpi digigit ular, perlu dipahami bagaimana budaya kita memandang ular.

Baca juga : Arti Mimpi Dikejar Orang Gila Menurut Primbon Jawa

Dilansir dari Dream Moods, jika kita memelihara ular sebagai hewan peliharaan, maka mimpi tentang ular itu akan memiliki arti yang berbeda dibandingkan orang yang membenci ular atau takut pada binatang tersebut.  

Berikut ini beberapa arti mimpi digigit ular yang sudah dilansir dari berbagai sumber.

1. Arti Mimpi Digigit Ular Secara Umum

Meskipun ular dilambangkan sebagai binatang buas dan bahkan dapat membunuh seseorang, ternyata mimpi digigit ular bisa menandakan keberuntungan. Konon, kamu akan segera menyelesaikan masalah-masalah dan ketakutan dalam hidupmu.

Baca juga : 9 Arti Mimpi Menangkap Ikan, Pertanda Apa?

Tapi, mimpi ini hanya berlaku untuk mereka yang hanya bermimpi ular secara umum. Tidak ada detail khusus seperti berapa banyak ular, waktu, dan lokasi kejadian dalam mimpi, dan lain-lain.

2. Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Ajaran Islam

Salah satu mimpi yang kerap mendatangi banyak orang adalah mimpi digigit ular. Berdasarkan klasifikasi dari Abu al-Abbas Ahmad, mimpi digigit ular sendiri termasuk ke dalam kategori keempat, yaitu mimpi yang buruk secara lahir dan batin. Ular kerap menyimbolkan sesuatu yang jahat dan negatif. Lantas, apakah itu berarti mimpi digigit ular merupakan pertanda buruk? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut.

Alih-alih pertanda buruk, banyak orang justru percaya bahwa mimpi digigit ular memiliki hubungan dengan tanda-tanda akan datangnya jodoh. Sebagaimana dijelaskan di dalam buku berjudul Tafsir Arti Mimpi yang ditulis Muhammad Kamaluddin, mimpi digigit ular merupakan pertanda bahwa mereka akan segera mendapatkan pasangan atau jodoh jika belum menikah. Bagaimana dengan orang yang sudah menikah? Tak perlu khawatir, bagi mereka yang sudah mendapatkan jodohnya, mimpi digigit ular juga bisa jadi pertanda akan memperoleh kemakmuran di dalam hidupnya.

Baca juga : Mimpi Digigit Anjing? Ini Pengertiannya Menurut Islam dan Primbon Jawa

Namun, hal ini rupanya tidak seperti apa yang ada dalam kepercayaan Islam. Mimpi digigit ular menurut Islam mengisyaratkan sesuatu yang buruk akan terjadi. Ular dalam bahasa Arab disebut dengan hayyah, bentuk pluralnya adalah hayyaat. Kata hayyat serumpun dengan kata “hidup” yang dalam bahasa Arab juga disebut dengan hayaah. Ular di dalam mimpi adalah simbol yang perlu diartikan, bisa jadi berarti musuh, negara, kekayaan, wanita, buah hati, atau sumber-sumber kehidupan lainnya.

Menurut Ibn Sirin, jika seseorang bermimpi bertemu tsa’baan (ular yang sangat besar) dan dia tidak takut menghadapinya, berarti dia akan memperoleh quwwah (kekuatan) dan dawlah (kekuasaan). Sebaliknya, jika seseorang bermimpi dan melihat sedang memasukkan ular ke dalam rumahnya, hal itu menunjukkan adanya musuh yang ingin berbuat buruk kepadanya. Namun, jika ular yang masuk ke dalam rumah tersebut berhasil ditangkap kembali, orang yang memimpikan hal tersebut akan memperoleh keuntungan dari orang yang jahat kepadanya.

Menurut Ibn Sirin hal tersebut seperti apa yang ada dalam firman Allah SWT berikut.

Baca juga : Arti Mimpi Orang Tua Meninggal Menurut Primbon Jawa dan Psikologis

قَالَ خُذْهَا وَلا تَحْت سَنُعِيدُهَا سِيرَتَهَا الْأُولى

Allah SWT berfirman: “Peganglah ia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula” (QS Thaha: 21).

Makna lain dari keberadaan ular dalam mimpi adalah jelmaan dari anak manusia. Berdasarkan pendapat dari Ibn Sirin, ketika ada yang mimpi melihat ular berukuran kecil yang tiba-tiba keluar dari saluran kencing, artinya dia akan dikaruniai seorang anak. Ular juga merupakan simbol dari perempuan. Saat ada yang mimpi memukul ular dan memotong-motongnya menjadi tiga bagian, dia di dalam kehidupan nyata dianggap akan melakukan talak atau cerai kepada istrinya hingga tiga kali.

Baca juga : Arti Mimpi Pacar Selingkuh Menurut Primbon Jawa dan Psikolog

Selanjutnya, jika seseorang bermimpi membunuh seekor ular, dia diprediksi akan menikahi seorang perempuan. Diceritakan bahwa Ibn Sirin pernah ditanya seseorang yang bermimpi soal ular.

Ibn Sirin juga menafsirkan ular sebagai musuh. Sebab, iblis terkutuk menjadikan ular sebagai sarana untuk bertemu dengan Nabi Adam As. Adapun besarnya permusuhan atau masalah tersebut biasanya disesuaikan dengan kadar patokan, ukuran, dan bisa ular yang hadir dalam mimpi. Semakin besar ukuran dan semakin banyak patokannya, semakin besar pula masalah yang akan dihadapi.

Seberapa kuat dan hebat lawan tergantung dari seberapa besar ukuran ular serta seberapa bahaya jenis ular dalam mimpi yang dialami orang tersebut. Seberapa besar bahaya musuh yang mengenai dirinya juga tergantung dari seberapa kuat ular tersebut menggigit dirinya dalam mimpinya.

Baca juga : 7 Arti Mimpi Diberi Uang Menurut Primbon Jawa

Jika dalam mimpinya dia melawan serangan ular, itu berarti musuh yang menyerangnya pun akan dilawan oleh orang yang mengalami mimpi tersebut. Jika dalam mimpinya dia mampu membunuh ular tersebut, itu menandakan jika dia akan menang melawan musuhnya. Jika dalam mimpinya dia hanya melihat ular dalam keadaan sudah tidak bernyawa, itu berarti lawan yang hendak menyerangnya telah ditaklukkan oleh Allah SWT, sehingga keburukan yang ditujukan kepadanya tidak akan menimpa dirinya. Jika dia bermimpi tubuhnya dililit oleh ular, itu menunjukkan banyaknya teman yang sejatinya merupakan musuh bagi dirinya tanpa disadarinya (Ibnu Sirin, Tafsir al-Ahlam, hlm. 112).

3. Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Primbon Jawa

Sebagai orang yang mempercayai primbon, mungkin kalian akan selalu penasaran dengan pertanda yang ada pada berbagai kejadian termasuk mimpi. Bagaimana arti mimpi digigit ular menurut Primbon Jawa?

Rupanya, arti mimpi digigit ular menurut Primbon Jawa memiliki pertanda buruk. Jika kamu bermimpi digigit ular dan sang ular melilit tubuh, itu berarti akan memiliki masalah dengan pasangan dan/atau masalah dalam hubungan percintaan. Apabila mimpi digigit ular yang loncat ke arah kamu seperti mematuk, ini menjadi pertanda bahwa kamu akan menerima kabar buruk dari seseorang yang bisa menyebabkanmu merasa stres. Kemudian, jika kamu bermimpi digigit ular dari belakang, hal itu pertanda adanya sosok yang manipulatif di sekitarmu di mana ia akan berbicara buruk di belakangmu, namun bersikap baik di depanmu. 

Baca juga : Nicolas Cage Mengaku Selalu Senang Mimpikan Mendiang Sang Ayah

Kendati demikian, ada pula yang memiliki arti baik. Ketika kamu bermimpi digigit ular di beberapa bagian, itu menjadi pertanda baik, yakni kamu akan bertemu dengan jodoh kamu segera.

Selain mimpi digigit ular, ada beberapa arti mimpi ular menurut primbon Jawa. Silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Melihat Ular

Ular tidak melulu menjadi pertanda buruk. Arti mimpi ular menurut primbon Jawa bisa saja merupakan sebuah pertanda baik. Bisa jadi, kalian akan mendapatkan keuntungan yang besar, baik dari pekerjaan maupun dari hal lain yang tidak disangka-sangka.

Baca juga : Mimpi Rumah Kebakaran? Ini 10 Macam Tafsirnya

2. Melihat Ular Masuk Rumah

Untuk mimpi yang lebih spesifik, seperti melihat ular masuk rumah merupakan pertanda akan datangnya tamu yang membawa rezeki.

3. Menangkap Ular

Selain arti mimpi melihat ular, ada pula mimpi menangkap ular. Nah, mimpi menangkap ular juga memiliki arti yang sangat baik. Kemungkinan, mereka yang mimpi seperti itu bakal meraih keberuntungan yang mengejutkan.

4. Melihat Banyak Ular

Jika bermimpi melihat banyak ular, bisa jadi kalian akan mendapatkan kesehatan dan umur yang panjang. Oleh karena itu, kalian perlu bersyukur atas berkah yang selama ini sudah diterima.

Baca juga : Arti Mimpi Melihat Ular Tapi Tidak menggigit Menurut Islam dan Primbon Jawa

Nah, itu dia penjelasan tentang arti mimpi digigit ular menurut pandangan Islam dan Primbon Jawa.

Namun, mimpi adalah bunga tidur. Interpretasi mimpi sering kali bersifat subjektif.

Walaupun dalam penjelasan ada arti-arti tertentu, alangkah baiknya kita mempercayainya dengan bijak. Terpenting adalah kita harus selalu waspada dan tenang terhadap kejadian baik ataupun buruk.

Baca juga : Kamu Mimpi Potong Rambut? Ini 10 Macam Artinya

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat