visitaaponce.com

Musim Penghujan, Ular Marak Masuk Area Rumah Warga di Palangka Raya

Musim Penghujan, Ular Marak Masuk Area Rumah Warga di Palangka Raya
(Diklat) Snake Rescue saat penangkapan ular piton di Bumi Perkemahan Jati Aren, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (11/12/2022).(ANTARA/SISWOWIDODO)

MEMASUKI musim penghujan, akhir-akhir ini diketahui marak ditemukan ular yang memasuki area rumah warga di Palangka Raya, Kalteng, hingga mengejutkan masyarakat yang sedang beraktivitas.

Mayoritas dari hewan liar yang dilaporkan masuk ke rumah warga ini adalah ular berjenis Piton Kembang. Ukurannya pun cukup besar dan bervariasi, mulai dari satu meter hingga tiga meter.

Kepala Seksi Pengendali Operasi Komunikasi Penyelamatan Diskarmat Palangka Raya, Sucipto mengatakan, terkait dengan maraknya laporan 
evakuasi ular itu ada beberapa faktor penyebab.

Baca juga : Jelang Sahur, Ular Piton Mangsa Ayam di Perumahan Guru

"Saat ini Kota Palangka Raya memasuki musim hujan. Ular menyukai area gelap, lembap, dan dingin seperti di dalam rumah dan ular juga biasanya mencari hewan kecil," katanya, Selasa (25/6).

Kemudian faktor lainnya, yaitu masalah ekosistemnya sudah rusak. Salah satu rantai makanannya, seperti tikus yang dimakan cuma ada nya di 
perumahan karena tikus juga suka bersembunyi di tumpukan barang dan memakan sisa makanan manusia.

"Kemudian adanya perubahan rantai kehidupan dulunya di alam terbuka sudah tidak memungkinkan lagi dan salah satu yang masih melekat dan ada hanya  dekat dengan lingkungan manusia," urainya.

Salah satu tips yang bisa diterapkan, yaitu merapikan barang dan peralatan di rumah. Merapikan barang yang menumpuk perlu dilakukan agar 
rumah tampak lebih rapi dan hewan seperti ular tidak datang untuk bersembunyi.

"Jika ular terlanjur masuk ke area rumah, segera menghubungi Tim Animal  Rescue Damkar Kota Palangka Raya untuk proses evakuasi," tandasnya. (H-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat