visitaaponce.com

Kamu Introvert Lakukan Aktivitas Ini Agar Terhindar dari Stres

Kamu Introvert ? Lakukan Aktivitas Ini Agar Terhindar dari Stres
Ilustrasi introvert(Medcom.id)

“KAMU seharusnya lebih banyak berbicara dan bergaul di hari raya ini". Kalimat ini banyak diucapkan oleh ekstrovert ke introvert. Lebih banyak daripada butiran pasir di pantai. Memang berlebihan, tetapi itulah kalimat yang terkadang menyebalkan dan mesti dihadapi seorang introvert.

Dari situlah banyak orang sering salah paham dengan para introvert. Mayoritas dari mereka sering diasosiasikan sebagai sosok pemalu, anti sosial, bahkan dianggap dingin oleh orang sekitarnya. 

Padahal pengertian introvert adalah tipe kepribadian yang lebih fokus pada pikiran atau perasaan, dan lebih menyukai suasana yang tenang.

Baca juga: H+1 Lebaran 2023, TMII Dipati Puluhan Ribu Pengunjung

Introvert juga menarik energi dan kegembiraan mereka dari kesendirian.Mereka tidak perlu dikelilingi seratus orang untuk merasa lebih baik. Mereka akan memilih untuk tetap meringkuk di sofa dengan sebuah buku bagus di tangan, dibandingkan pergi keluar dan berpesta. 

Berikut ini adalah tujuh rekomendasi kegiatan selama libur lebaran untuk orang Introvert: 

Baca juga: Batasi Konsumsi Kuah Bersantan Selama Lebaran

1. Membaca 

Ini adalah liburan panjang, jadi ini adalah kesempatan sempurna untuk menantang diri sendiri seberapa banyak buku yang akan kamu selesaikan. Mulailah membaca buku yang kamu suka, kemudian buku-buku yang menantang pengetahuan.

2. Berbicara dengan Keluarga Dekat

Introvert dapat mengambil kesempatan untuk berbicara dengan keluarga dekat selama momen lebaran. Berbicara dengan keluarga dekat dapat membantu meredakan rasa canggung dan mempererat hubungan keluarga.

3. Kerajinan

Pelajari cara bikin kerajinan kertas Kerajinan kertas mencakup segala sesuatu mulai dari origami (dan hal-hal yang rapi seperti kepingan salju kertas), apa saja. Kamu bisa cek tutorialnya di YouTube dan mulai mempraktikkan. 

4. Menggambar

Buat kamu yang suka menggambar, liburan kali ini bisa kamu manfaatkan untuk mengasah keterampilan kamu dalam menciptakan sebuah seni bermutu. Mulai ambil kuasmu dan menggambarlah. 

5. Meditasi 

Teknik termudah adalah duduk di kursi yang nyaman, tutup mata kamu, dan fokus pada apa pun selain bernapas perlahan untuk sementara waktu. Tarik nafas perlahan, tahan sebentar, keluarkan perlahan. Jika ingin menggali lebih dalam, kamu bisa mencari pengantar meditasi, atau bahkan mempelajari beberapa pose dasar yoga. 

6. Bermain video gim

Jika kamu adalah seorang gamer, ini mungkin kesempatan bagus untuk menyelesaikan gim baru yang tidak sempat kamu mainkan. Sedangkan yagn tidak suka bermain gim, mungkin saatnya mencoba bermain gim daring sederhana. 

7. Menulis

Duduk dan tulis apa saja yang terlintas dipikiran kamu. Mungkin jauh lebih mudah bagi kamu untuk memproses pikiran kamu dengan menuliskannya daripada dengan mengucapkannya.

8. Temukan Teman Sebaya

Meskipun introvert mungkin merasa lebih nyaman sendirian, mencari teman sebaya dapat membantu mengurangi rasa canggung. Selain itu teman bisa memberi dukungan sosial selama momen libur lebaran.

9. Belanja sendiri atau di internet.

Karena belanja dengan teman-teman sangat stres. Mereka membuat Kamu lebih cenderung membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Kamu selalu khawatir tentang siapa yang bosan dan siapa yang bersenang-senang. Anda harus mencoba segala sesuatu di depan mereka dan yang paling penting, mereka mungkin akan menilai pilihan busana kamu.  Inilah sebabnya, sebagian besar waktu Anda lebih suka berbelanja sendiri, atau di internet.

Belanja daring memberi kamu kebebasan dan kenyamanan tanpa harus keluar rumah, dan membeli apa pun yang kamu inginkan tanpa penilaian dari orang lain. Belanja daring terstruktur dan terorganisir sehingga memudahkan Kamu untuk membeli apa yang Kamu butuhkan, tanpa merasa bingung.(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat