visitaaponce.com

10 Manfaat Kegiatan Family Time, Baik untuk Kesehatan Mental

KELUARGA adalah anugerah terindah yang bisa dirasakan manusia sebagai makhluk sosial. Lingkaran terkecil yang dipenuhi kasih dan cinta, menjadi tempat paling nyaman untuk pulang. 

Tentu saja, kamu juga wajib menyediakan family time rutin, agar kehangatan tetap terjaga dan bertahan hingga akhir nanti.

Lalu apa manfaat family time? Bagaimana cara seru melakukan family time ini?

Baca juga: Orangtua Sumber Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Anak

Manfaat family time

Family time artinya adalah waktu bersama keluarga yang membantu Anda terikat dan memahami satu sama lain. Berikut adalah manfaat family time untuk anak dan orangtua.

Baca juga: Doa Sang Ibunda untuk Anies di Hari Lebaran

1. Mempererat ikatan keluarga

Melakukan kegiatan bersama keluarga dapat bermanfaat dalam membantu mempererat ikatan antar anggota keluarga. Anak akan merasa dimiliki dan dicintai oleh orangtua, begitupun sebaliknya. Hal ini tentu bisa menjalin keharmonisan antara hubungan orangtua dan anak. Selain menciptakan keluarga harmonis, family time juga membantu mengurangi stres.

2. Mengajarkan nilai-nilai yang baik pada anak

Family time artinya waktu untuk mengajarkan nilai-nilai yang baik pada anak. Misalnya, membacakan dongeng dan membicarakan pesan moral di dalamnya. Orangtua pun sebaiknya membantu anak memahami nilai baik yang bisa ditiru. Manfaat membaca bersama keluarga dapat membuat seluruh anggota keluarga merasa dekat satu sama lain dan menyenangkan untuk anak.

3. Mengerti satu sama lain

Menghabiskan waktu bersama dapat membantu setiap anggota keluarga untuk mengerti satu sama lain. Anda menjadi bisa memahami apa yang disukai ataupun yang tidak disukai orangtua, pasangan, anak, ataupun anggota keluarga lainnya.

4. Menjadi tempat untuk mengutarakan perasaan

Family time bisa menjadi tempat bagi anak untuk mengutarakan perasaan, menyampaikan keluh kesah, atau bertanya mengenai hal yang tidak dipahami. Perhatian positif yang diberikan orangtua dapat membantu anak menjadi lebih siap dalam menghadapi masalah dan membuat pilihan yang baik untuk dirinya.

5. Menurunkan risiko masalah perilaku pada anak

Anak-anak yang menghabiskan waktu bersama keluarga menunjukkan risiko yang lebih kecil terhadap masalah perilaku, seperti kekerasan dan penyalahgunaan zat. Ketika anak menerima perhatian positif, hal tersebut bisa membuatnya menunjukkan perilaku positif.

6. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat melakukan kegiatan bersama keluarga dapat membantu mengurangi depresi, kecemasan, atau gangguan mental lainnya secara signifikan. Sebab, berkumpul dengan orang terkasih mampu menciptakan dukungan emosional yang kuat.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Menghabiskan waktu bersama berperan penting dalam membangun kepercayaan diri setiap anggota keluarga. Kepercayaan diri ini bisa tumbuh karena adanya rasa dihargai dan diapresiasi. Jadi, pastikan untuk saling memberikan dukungan dan tidak menjatuhkan satu sama lain.

8. Memperbaiki kemampuan akademik anak

Anak-anak yang menghabiskan waktu bersama keluarga cenderung memiliki prestasi yang lebih baik di sekolah. Sebab, family time adalah sarana bagi anak untuk mempelajari keterampilan komunikasi dan pentingnya pendidikan. 

9. Membantu Adaptasi dan Ketahanan

Kemampuan Anda untuk menghadapi perubahan dan tantangan hidup dapat ditingkatkan oleh ikatan keluarga yang kuat. Berada bersama keluarga bisa memberi perasaan sebagai bagian keluarga, diperhatikan, dibutuhkan, serta memberi makna dan tujuan. Kepastian ini memberikan motivasi untuk maju dan tumbuh.

10. Mengurangi Stres 

Mereka yang memiliki hubungan sehat keluarga yang kuat cenderung mencari mekanisme koping yang lebih sehat untuk mengatasi stres—seperti mencurahkan isi hati kepada teman dan keluarga—daripada outlet tidak sehat lainnya. Ini membentuk kebiasaan membicarakan masalah bersama untuk menghilangkan stres dan menemukan solusi yang efektif. 

Stres juga secara signifikan memengaruhi aspek kesehatan fisik, seperti kelelahan, tekanan darah, dan kesehatan jantung. The Annals of Behavioral Medicine melakukan penelitian yang menemukan ketika orang mendiskusikan kesulitan dalam hidup mereka dengan seorang teman di samping mereka (bukan sendirian), mereka telah menurunkan pembacaan denyut nadi dan tekanan darah. 

Cara Menciptakan dan Menikmati Family Time

a. Liburan

Jelas, liburan akan jadi family time sangat menyenangkan karena bisa dinikmati bersama-sama. Terlebih dengan mulai melonggarnya pembatasan pemerintah akan berbagai aturan pascapandemi, kini kamu bisa menghabiskan waktu untuk ‘healing’ bersama-sama dengan keluarga.

b. Membereskan Rumah Bersama

Family time juga bisa dikemas dalam aktivitas membereskan rumah bersama. Selain bisa meningkatkan hubungan antara anggota keluarga, cara ini juga bisa memberikan kamu beberapa tangan tambahan untuk membersihkan dan mengembalikan kondisi rumah menjadi segar. Kamu bisa membagi-bagi tugas untuk setiap anggota keluarga, disesuaikan dengan kemampuannya. Aktivitas bersama ini akan banyak bermanfaat, karena menggerakkan fisik secara intens, interaksi yang terjalin, serta mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak.

c. Olahraga Bersama

Sekedar jogging atau bersepeda bersama-sama juga bisa membantu Anda mendapatkan waktu berkualitas bersama keluarga. Tentu, tempo olahraga yang dilakukan juga harus mengikuti kemampuan anak-anak, karena tujuan utamanya menghabiskan waktu bersama mereka. Di sini kamu akan memiliki ruang untuk mengajarkan aktivitas fisik yang sehat dan menyenangkan pada anak-anak, sekaligus mengajak mereka bergerak aktif.

d. Membuat proyek keluarga 

Proyek yang disusun tidak perlu rumit dan berbiaya besar. Persilahkan anak melakukan presentasi sederhana untuk meyakinkan anggota keluarga lain idenya pantas dilakukan bersama. Orangtua dapat bertindak sebagai pengawas, penyedia dana, atau membantu melengkapi peralatan. Beri nama jabatan yang keren agar kegiatan ini lebih berkesan, misalnya Manajer Keuangan untuk penyedia dana proyek.

e. Berbagi cerita 

Berbagi cerita dapat dilakukan di malam keluarga, sebelum tidur, saat makan bersama, atau kapan saja orang tua dan anak memiliki waktu.

f. Ritual ibadah dan makan bersama 

Ibadah bersama di rumah atau rumah ibadah adalah sarana family time yang luar biasa bermakna. Ritual sarapan atau makan malam bersama yang dihadiri seluruh anggota keluarga juga dapat menjadi saat tepat untuk berbagi cerita, bertanya kabar, atau mencoba resep baru.

Itu tadi sederet manfaat dan aktivitas yang bisa dilakukan untuk family time bersama orang terdekat, semoga bermanfaat. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat