visitaaponce.com

Daftar Oleh-oleh Khas Medan yang Populer

Daftar Oleh-oleh Khas Medan yang Populer
Bolu Meranti menjadi salah satu oleh-oleh khas Medan yagn wajib dibeli.(Dok.MI)

SAAT berwisata ke satu daerah, tentunya tidak lupa membeli oleh-oleh. Setiap daerah memiliki oleh-oleh khas yang unik. 

Nah, jika kali ini anda mendatangi Kota Medan, Sumatra Barat, berikut adalah daftar oleh-oleh yang dapat anda peroleh.

1. Bika Ambon

Baca juga: Makanan Ini Bisa Bantu Anda Terhindar dari Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV

Bika Ambon merupakan salah satu buah tangan paling populer dari kota Medan. Meskipun memiliki nama Ambon, bukan berarti kue tersebut berasal dari Ambon. Namun, diambil dari nama jalan Ambon-Sei Kera Medan. 

Bika Ambon terbuat dari tepung tapioka, telur, nira, gula, serta rempah lainnya. Bika ambon memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang nikmat. Selain itu, bika Ambon dapat ditemukan dengan mudah dan harga yang terjangkau. 

Baca juga: Gemar Makan Tempe? Anda Harus Perhatikan Hal Ini

2. Bolu Meranti

Bolu Meranti menjadi salah satu makanan yang merupakan buah tangan asal Medan. Bentuknya seperti bolu gulung pada umumnya. Namun, bolu Meranti memiliki isian tebal dengan tekstur yang lebih lembut. 

3. Lemang

Lemang sebenarnya merupakan makanan khas Melayu. Namun, cukup populer menjadi oleh-oleh dari Medan. Lemang terbuat dari beras ketan yang dimasukkan ke dalam bambu lalu dibakar di atas bara dalam waktu yang lama.

Sepintas seperti lontong yang berukuran besar, namun memiliki cita rasa yang berbeda. Pada lemang, beras ketan ditambahkan dengan santan kelapa untuk menciptakan rasa gurih yang nikmat. 

4. Kain Ulos

Bukan hanya makanan, ada juga kain yang wajib dimiliki, yakni kain ulos. Ulos sebenarnya adalah pakaian khas suku Batak, namun lazim ditemukan di Medan. Dengan bentuk, hiasan, serta warna yang unik, membuat ulos menggambarkan makna dan filosofinya sendiri. 

5. Kopi Sidikalang

Kopi satu ini berasal dari Sidikalang, Sumatera Utara. Namun, dapat diperoleh di Medan. Kopi sidikalang merupakan salah satu jenis kopi robusta dan arabika yang terbaik. Kandungan kafein yang mencapai 80%, dengan tingkat keasaman yang rendah, membuat kopi Sidikalang memiliki rasa dan aroma yang nikmat. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat