visitaaponce.com

135 Warisan Budaya Takbenda dari Jawa Tengah Diakui Nasional

135 Warisan Budaya Takbenda dari Jawa Tengah Diakui Nasional
Enting-enting gepuk jadi salah satu warisan budaya bukan benda yang diakui secara nasional(Ist)

JAWA Tengah menambah lagi daftar Warisan Budaya Takbenda (WBTb) tingkat nasional tahun 2023. Hingga kini sebanyak 135 jenis WBTb asal provinsi ini telah terdaftar dan diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Sertifikat WBTb telah dilakukan pada 24 Oktober 2023 lalu, sehingga sekarang ada 135 jenis WBTb dari Jawa Tengah yang telah diakui secara nasional," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
(Disdikbud) Jateng Eris Yunianto Kamus (2/11).

Belasan WBTb terbaru yang diakui secara nasional, demikian Eris Yunianto, yakni Enting-enting gepuk (Salatiga), Opak Abang (Kendal), Dames (Purbalingga), Bedhaya Pangkur (Kota Surakarta), Tari Bondhan (Kota Surakarta), Tari Karonsih (Kota Surakarta), Kirab Pusaka Malam 1 Sura Pura Mangkunegaran (Kota Surakarta), Wayang Orang Sri Wedari (Kota Surakarta).

Baca juga: Jawa Barat Tingkatkan Pelestarian Warisan Budaya

Selain itu, lanjut Eris Yunianto, Wayang Potehi (Kota dan Kabupaten Semarang), Sarung Goyor (Sukoharjo), Nasi Liwet (Sukoharjo), Kentrung (Jepara), Emprak (Jepara), Janengan (Cilacap), Sate Blengong (Brebes) dan Buka Kitab Rambang (Kabupaten Tegal).

Secara keseluruhan pada tahun ini, ungkap Eris Yunianto, ada 80 budaya Jawa Tengah yang diajukan menjadi WBTb ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun 64 lainnya gugur seleksi yang meliputi beberapa hal seperti dokumentasi terhadap budaya yang diusulkan, kajian akademis hingga upaya pelestarian oleh para maestro pelaku budaya tersebut.

Baca juga: UNESCO Sebut Bahasa Indonesia Menyimpan Warisan yang Kaya

Faktor lain menjadi pertimbangan, ujar Eris Yunianto, meliputi faktor kesejarahan hingga ekonomi dan  faktor sosiologis di mana budaya itu ada.

"Warisan Budaya Takbenda tersebut wajib dilestarikan dan tiap tahun akan dievaluasi, jika lalai maka status tersebut dapat dicabut," tambahnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat