visitaaponce.com

Warga Kota Padang Meriahkan Tradisi Serak Gulo

Warga Kota Padang Meriahkan Tradisi Serak Gulo
Tradisi Serak Gulo di Padang, Sumbar(Antara/Iggoy El Fitra)

TRADISI Serak Gulo kembali digelar umat muslim keturunan India di Kota Padang. Kegiatan dipusatkan di Masjid Muhammadan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatra Barat.

Kegiatan yang berlangsung meriah itu dihadiri oleh ratusan warga, yang berebut untuk mendapatkan gula yang ditabur, dari atas atap Masjid Muhammadan, sebelum masuknya waktu salat maghrib.

Ketua Perkumpulan Keluarga Masjid Muhammadan Muhammad Fauzan menjelaskan, Tradisi Serak Gulo merupakan tradisi turun temurun, yang digelar warga keturunan India muslim di Kota Padang, sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang diterima sepanjang tahun.

Baca juga : Harga Pangan Melonjak, Padang Gelar Operasi Pasar Mulai 5 Maret

Ia menjelaskan, Tradisi Serak Gulo dilaksanakan setiap 1 Jumadil Akhir dalam kalender penanggalan Islam.

“Untuk tahun ini kami mengumpulkan sebanyak tiga ton gula pasir, yang merupakan sumbangan warga keturunan India,” sebutnya.

Gula yang terkumpul tersebut, kemudian dimasukan ke dalam kain perca kecil sebelum dibagikan ke masyarakat yang telah berkumpul.

Baca juga : Harga Beras di Padang kian Naik Jelang Ramadan

“Ke depannya kami akan buat lebih meriah lagi karena mendapat dukungan, dari Pemerintah Kota Padang dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat," imbuhnya.

Sebagai tradisi yang sudah berlangsung lebih dari 200 tahun, pada 25 Oktober lalu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI menobatkan tradisi Serak Gulo sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani mengatakan, Tradisi Serak Gulo ini merupakan bagian dari Calender Even Dinas Pariwisata Kota Padang yang diselenggarakan setiap tahun.

Baca juga : Penumpang Super Air Jet Bercanda Bawa Bom Diamankan Otoritas BIM

“Dengan adanya penghargaan dari nasional, ini adalah warisan budaya tak benda, tentunya kita harus melestarikan budaya ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Yudi Indra Syani.

“Kita akan tingkatkan lagi menjadi Pekan Budaya India, dan puncaknya nanti adalah serak gulo ini,” sambungnya.

Tradisi Serak Gulo hanya di tiga negara yakni India, Singapura dan Indonesia, dimana untuk negara Indonesia hanya bisa disaksikan di Kota Padang. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat